Pemkab Bentuk Korps Drumband

154

WONOSOBO – Pemerintah Kabupaten Wonosobo membentuk Korps Musik (Korsik) Drumband Praja Utama. Personelnya berisi para PNS dan pegawai honorer. Meski tergolong baru dan anggotanya masih kurang, grup musik ini diproyeksikan akan menjadi kelompok musik pada upacara Hari Kemerdekaan Agustus mendatang.
Wakil Bupati Maya Rosida  yang menyaksikan proses latihan kemarin (20/6) mengatakan, dengan disematkannya nama Praja Utama, diharapkan setiap anggota semakin semangat sepanjang menjalani sesi latihan, dan lebih percaya diri saat mengemban tugas pada saatnya nanti.
“Saya menekankan kepada personel pentingnya mencintai dan menjiwai alat musik masing-masing. Ketika perasaan cinta sudah muncul, maka penjiwaan terhadap ritme dan intonasi akan menjadi lebih mudah,” kata Maya yang mengaku masa mudanya juga personel drumband.
Maya menyebut tugas menyelaraskan masing-masing personel marching band bukan hal yang mudah. Namun dengan kehadiran instruktur dari Akademi Militer, yang  dihadirkan khusus untuk melatih Praja Utama, Maya yakin waktu yang ada, sebelum 17 Agustus akan dapat dioptimalkan untuk berlatih.
“Kalau berlatih keras kami yakin bisa,”katanya.
Koordinator instruktur dari Korsik Marching Band Akademi Militer, Kopka Bari mengatakan, untuk melatih sebuah korps musik drumband, idealnya minimal harus menjalani 60 sesi latihan. Sementara Pemkab Wonosobo baru 13 kali latihan.
“Namun melihat masih adanya kekurangan personel yang dibutuhkan, jumlah sesi kemungkinan harus ditambah,” tuturnya.
Selain penyelarasan musik, Bari yang selama melatih dibantu Serka Aris, Sertu Kristianto, Serka Sigit Aryanto, dan Sertu Adi Yudha, juga menjelaskan bahwa para personel juga masih harus memahami kerapian baris berbaris. Untuk melatih kemampuan baris-berbaris tersebut, dibutuhkan pula waktu khusus.
“Saya berharap agar selama hampir 2 bulan waktu yang diberikan sebelum 17 Agustus, korps Praja Utama sudah mampu menyerap materi yang diberikan secara cepat, agar kelak ketika bertugas di upacara kemerdekaan sudah benar-benar siap,” harapnya. (ali/lis)