WONOSOBO – Lembaga yang bergerak dalam bidang jasa keuangan, seperti BPR, masih menjadi tujuan favorit para pencari kerja (pencaker). Setidaknya hal tersebut dapat terlihat dari begitu banyaknya pencari kerja yang mengisi kolom formasi sebagai staf administrasi maupun tenaga pemasaran (marketing) di beberapa perusahaan jasa keuangan yang menjadi peserta job fair I tahun 2014.
Dari sekitar 300 pendaftar pertama yang mengembalikan formulir ke panitia, hampir 65 persennya mengisi kolom formasi sebagai tenaga pemasaran dan staf administrasi di BPR dan lembaga pembiayaan. Selebihnya, para pencaker lebih memilih tenaga teknis dan operator komputer di perusahaan lainnya.
Ida ,19, asal Mojotengah, mengaku memilih perbankan sebagai tujuan perusahaan yang dilamarnya. Selain karena sesuai dengan ijazah D3 nya di bidang akuntansi, juga karena jenjang karir yang pasti di perbankan serta besaran gaji yang menarik.
“Saya bersama bersama teman-teman mencoba melamar di beberapa lembaga keuangan dengan harapan salah satunya bisa diterima,” katanya.
Hal ini juga diakui oleh Eko, staf HRD BMT Al Huda, pada job fair kali ini banyak pelamar yang mencoba peruntungannya melamar beberapa posisi di tempatnya. Namun ia mengakui, dari ratusan pelamar tersebut tidak semuanya bisa diterima. Dalam job fair sebelumnya, dari 150 pencari kerja yang masuk hanya 14 yang bisa diterima.
 “Hal ini disebabkan mereka banyak yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan perusahaan,”katanya.
 Meski demikian perusahaan merasa terbantu dengan adanya gelaran job fair kali ini. Sebab tidak perlu melakukan kegiatan promo untuk merekrut tenaga kerja baru. Cukup dengan memanfaatkan ajang ini, yang ujungnya bisa melakukan efisiensi. 
Sekretaris Disnakertrans Kristianto mengatakan job fair akan digelar selama dua hari. Tujuannya mempertemukan secara langsung para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan mereka. Dari 38 perusahaan yang terdaftar mengikuti job fair, terdapat sekitar 5.300 formasi pekerjaan yang dapat dilamar para pencaker.
“Kami berharap, target sebanyak 2.000 tenaga kerja dapat terserap dalam job fair kali ini. Dengan tercapainya target, maka maksud dan tujuan penyelenggara, yaitu untuk memberikan kontribusi dalam penurunan angka pengangguran di Kabupaten Wonosobo akan dapat terwujud,”katanya.(ali/lis)