Jam Operasional Pasir Kencana Dipangkas


3128

PEKALONGAN-Jam operasional Objek Wisata (OW) Pantai Pasir Kencana akan dipangkas, selama Ramadan nanti. Jika sebelumnya jam operasional dibuka mulai pukul 07.00 dan tutup pukul 21.00, selama puasa mendatang akan tutup lebih awal, pukul 05.30 sore.
Kasi Sarpras Bidang Pariwisata Dishubparbud Pemkot Pekalongan, Hengky Susilo Hadi menjelaskan bahwa jam operasional baru tersebut mulai diterapkan sejak hari pertama bulan puasa. “Itu memang sudah menjadi tradisi. Saat puasa, jam tutup lebih cepat,” tuturnya saat ditemui di sela-sela acara Kliwonan Show, Jumat (20/6).
Dengan ditutup lebih awal, selain menghormati bulan suci Ramadan, kata Hengky, sekaligus mendukung imbauan Pemkot agar masyarakat, khususnya umat Muslim bisa fokus menjalankan ibadah puasa.
“Kami mendukung imbauan dari Pemkot, sekaligus menerapkan aturan baru yang dapat membantu umat Muslim agar lebih khusyu dalam menjalankan puasa,” tambahnya.
Selebihnya, kata Hengky, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga lokasi tersebut agar tetap steril. “Setiap hari petugas dari Polres Pekalongan Kota datang melihat kondisi. Kami tentu welcome sekaligus mendampingi,” kata dia.
Sementara itu, mengenai kegiatan Kliwonan Show tersebut, Hengky menerangkan sudah menjadi agenda terakhir, sebelum memasuki Ramadan. “Karena momentum tersebut, jumlah pengunjung Pantai Pasir Kencana meningkat dua kali lipat,” tandasnya.
Dalam acara tersebut, berbagai hiburan disuguhkan bersama sejumlah wahana yang ada di Pasir Kencana. Hiburan dangdut menjadi magnet utama dengan artis MBR Music. Sementara anak-anak dan orang tua, lebih banyak menikmati semilirnya angin pantai dengan bekal sekaligus tikar dari rumah.
Menurut Hengky, sudah menjadi adat atau kebiasaan, tiap liburan terakhir menjelang Ramadan atau akrab disebut Megengan, Pantai Pasir Kencana dipenuhi pengunjung.
Purwadi, 20, salah satu pengunjung dari Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, mengaku datang ke Pasir Kencana untuk menikmati liburan. Purwadi datang bersama dengan lima temannya, sekedar melihat pantai dan menikmati hiburan dangdut. “Jumat depan kemungkinan akan kesini lagi, karena enak. Mumpung belum puasa,” tuturnya.
Hal yang sama dikatakan Azizah, 42, warga asal Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Azizah, memilih pantai sebagai lokasi wisata bersama keluarga karena cocok untuk sekedar makan bersama sambil melihat pemandangan laut lepas. “Sama anak dan suami tadi. Ya memang setiap Kliwon saya kesini,” akunya. (han/ida)