Garuda di Dada Dennis

213

Seorang siswa SMP Negeri 17 Semarang telah membawa nama harum Kota Semarang ke kancah nasional. Dennis Arya Bhakti Adi Nugraha berhasil masuk Tim Nasional Sepak Bola di bawah usia 14 tahun (U-14). Surat keputusan bagi Dennis untuk bergabung dengan Timnas telah turun pada 7 Juni 2014. Dennis berhak memakai seragam timnas dengan lambang garuda di dada.
Pada 14 Juni 2014 lalu, Dennis bersama anggota Timnas U-14 lainnya berkumpul di Jakarta untuk uji coba melawan Timnas U-15. Ia juga tampil perdana pada Piala Johar Arifin di Gelora Bung Karno, Jakarta.
Remaja kelahiran Semarang 14 tahun lalu ini memang sudah menggemari sepak bola sejak kelas 2 SD. Apa yang diraihnya saat ini tidak luput dari kerja keras dan proses yang panjang, termasuk dukungan yang besar dari kedua orang tuanya, Setyaningsih dan Ratmoko. Dennis kali pertama belajar serius sepak bola lewat klub Baladhika Semarang. Sejak awal ia sudah diplot sebagai kiper.
Melihat kelincahannya menjadi penjaga gawang, orang tua Dennis kemudian memasukkannya ke sekolah khusus kiper FX Cahyono Golokepping Akademi di Sumurboto. Setiap hari, kecuali Jumat, ia berlatih selama 2 jam. Latihan demi latihan dijalani Dennis dengan penuh semangat. Harapan untuk bisa membanggakan kedua orang tuanya pun kini terwujud ketika ia terpilih menjadi penggawa Timnas U-14.
Seleksi yang dijalani Dennis tak hanya sekali. Seleksi pertama dilakukan di Ciputat Tengerang dan ia mendapatkan peringkat pertama dari sekitar 50 kiper yang mengikuti seleksi. Selanjutnya seleksi kedua berlangsung di Ragunan Jakarta dan ia kembali lolos. ”Alhamdulillah saya lolos seleksi kedua,” katanya. Seleksi terakhir berlangsung di Citerep Bogor dan Dennis akhirnya menjadi salah satu dari 2 kiper yang dipanggil untuk memperkuat Timnas.
Sibuk berlatih sepak bola, tak membuatnya menomorduakan pendidikan. Dennis yang saat ini masih duduk di kelas VIII cukup bisa mengikuti materi pelajaran yang diberikan guru-gurunya di sekolah.
Dalam bergaul dengan teman-temannya, dia juga pandai. Dennis cukup dikenal baik di kalangan adik kelas melainkan kakak tingkat dan dikelas yang setara dengannya. Namanya di kalangan guru pun cukup baik, ”Setiap saya memberikan tugas sekolah, Dennis selalu mengerjakan dengan baik,” tegas guru kesenian Suratno.
Sejumlah prestasi telah diraih Dennis lewat sepak bloa. Seperti juara 2 Piala Baladhika 2010 saat ia masih duduk di bangku SD. Kemudian juara 3 turnamen Piala Kudus 2013 dan juara 3 Batang Turnamen AFA 2013.
Bersama Timnas U-14, Dennis telah mempersiapkan diri mewakili Indonesia dalam turnamen Borneo Cup di Kinibali Malaysia Sepetember mendatang. Guna memantapkan kerja sama tim, pada Agustus mendatang Timnas U-14 akan menjalani training centre selama 20 hari di Jakarta. Sukses selalu untuk Dennis!. (melinda.safitri/ton/ce1)