Awal Puasa, Betonisasi Rampung

119

DEMAK-Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan pembangunan jalan beton dan aspal di ruas Pantura Demak selesai awal puasa mendatang.
Kepastian ini disampaikan Arsa Pandu, tim pengawas lapangan yang juga pejabat pembuat komitmen PU area Semarang. Yakni, saat mendampingi Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho dan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Demak, Agus Nugroho LP dalam inspeksi mendadak (sidak) terkait betonisasi jalan negara, kemarin.
Menurut dia, awal puasa atau H-30 puasa Ramadan jalan beton Pantura Demak sudah bisa dilewati. Dia mengatakan, sejauh ini tahapan betonisasi telah berjalan separuh dari rencana semula. Karena itu, sisanya diselesaikan sepekan mendatang. Beberapa titik yang disiapkan untuk diselesaikan adalah titik jalan di putaran km 12 Desa Sidogemah, Kecamatan Sayung. Kemudian Km 19 Desa Karangtowo, Kecamatan Karangtengah, km 22 Desa Katonsari, Kecamatan Demak Kota, dan km 25 Desa Kendaldoyong, Kecamatan Wonosalam. “Untuk ruas Katonsari tinggal menambal cekungan pembatas beton dengan aspal,” katanya.
Kapolres Demak AKBP Raden Setijo Nugroho menambahkan, pantauan yang dilakukan menunjukkan sudah 80 persen jalan dibetonisasi. “Kami cek langsung ke lapangan. Dipastikan jalur pantura ini dapat dilewati kendaraan untuk Lebaran. Sebab, dua lajur sudah tertutup beton semua,” jelasnya didampingi Kasubag Humas AKP Sutomo.  
Sementara, Kepala Dishubkominfo Demak, Agus Nugroho LP mengungkapkan bahwa pihaknya akan membantu pihak kepolisian untuk pengaturan lalulintas yang padat agar tidak ada kemacetan. “Setidaknya bisa meminimalisasi potensi kemacetan jelang Lebaran,” imbuh Agus. (hib/ida)