Taruna-Taruni TNI/Polri Belajar Saling Mengenal

175

MUGASSARI – Sebanyak 753 taruna-taruni dari Angkatan Darat, Laut, Udara, dan Polri, Selasa (17/6) berkumpul di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Kegiatan bertajuk Bhineka Eka Bhakti Taruna Akademi TNI/Polri tingkat I tahun 2014 bertujuan untuk mengetahui tugas pokok masing-masing kesatuan serta mempererat hubungan emosional antara taruna TNI/Polri. Sebelumnya mereka sudah berkunjung ke Akademi Militer (Akmil) Magelang, Akademi Angkatan Udara (AAU) Jogjakarta dan Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya.
Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djihartono mengatakan, kegiatan berlangsung mulai 8 sampai 17 juni 2014. Selama kunjungan, mereka diperkenalkan dengan berbagai peralatan serta tugas pokok masing-masing institusi. ”Jadi masing-masing taruna bisa mengetahui lebih detail, bagaimana tugas Polri, bagaimana tugas AAU dan AAL,” katanya.
Kegiatan positif ini juga dilakukan dalam rangka untuk mempererat hubungan emosional dari masing-masing kesatuan. Sehingga ketika suatu saat terjun di masyarakat langsung, mereka sudah saling kenal dan bisa saling membantu. ”Dengan begitu akan lebih mudah untuk membangun masa depan Indonesia. Bagaimanapun juga taruna ini yang nanti terjun ke masyarakat,” tambahnya.
Acara penutupan berlangsung di Akpol dipimpin oleh Direktur Pendidikan Akmil, Brigjen TNI Gustav Heru Prayitno. Calon perwira TNI/Polri ini dihibur penampilan dari polisi cilik dari Jepara, peragaan sepeda motor besar dari Polda Metro Jaya, serta ditutup dengan marching band taruna-taruni Akpol. (fth/ton/ce1)