KENDAL—Rencana pembangunan Bandara Internasional di Kabupaten Kendal menuai jalan buntu. Pasalnya, Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang yang isunya akan direlokasi malah saat ini telah resmi dipugar.
Bupati Kendal, Widya Kandi Susanti mengaku belum mengetahui persis perkembanga pembangunan Bandara Ahmad Yani. Kendati demikian, pihaknya siap, jika bandara harus dipindah ke Kendal.
“Kami belum menerima laporan tentang Bandara Ahmad Yani. Tapi prinsipnya, kapapun kami tetap siap jika bandara dipindahkan ke Kendal. Sebab lahan sudah kami sediakan dengan luasan ribuan hektare yang terletak di Desa Sumberejo Kaliwungu,” ujarnya, kemarin.
Menurutnya, jika dibangun di Kaliwungu, akan sangat strategis. Sebab Kaliwungu merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang. Selain itu, terhindar dari kemacetan jalan dan lahan luas sehingga memudahkan awak pesawat mendarat maupun terbang. “Lokasinya sangat bagus dan strategis. Selain itu, tidak ada masalah soal lahan,” lanjutnya.
Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Wiwid Andaryanto menyampaikan bahwa perencanaan pembangunan bandara di Kabupaten Kendal belum direncanakan secara matang. “Itu bukan wacana, tapi cita-cita Bupati Kendal untuk bisa membangun bandara di Kendal,” katanya.
Disampaikan dia, cita-cita bupati tersebut sudah dikoordinasikan. Selanjutnya, dikoordinasikan dengan Kementrian Perhubungan RI. (bud/ida)