SEKAYU – Pemberian bekal keterampilan bagi siswa SMA cukup penting untuk mengenalkan dunia kerja sejak dini. Seperti di SMAN 5 Semarang dengan menggelar Pekan Workshop Life Skills. Sejumlah praktisi diundang untuk mengenalkan profesi mereka kepada para siswa selama 14-19 Juni.
Rabu (18/6), workshop yang digelar adalah fotografi jurnalistik dengan narasumber jurnalis Radar Semarang Ricky Fitriyanto. Puluhan siswa tampak antusias dan memperhatikan materi yang diajarkan yakni teknik dasar pemotretan secara umum dan fotografi jurnalistik.
Koordinator kegiatan workshop Suprihationo menerangkan, pemberian workshop kepada siswa kelas X dan XI digunakan untuk mengisi waktu luang setelah para siswa menjalani ujian akhir sekolah. Tujuannya memberikan bekal kepada siswanya agar mengerti akan dunia jurnalistik serta fotografi. “Minimal mereka bisa menyerap ilmu dari narasumber agar bisa menghasilkan sebuah karya yang kreatif di kedua bidang tersebut,“ katanya.
Ricky menjelaskan, materi fotografi yang diberikan terkait teknik dasar pemotretan secara umum dan fotografi jurnalistik. Jika memahami teknik memotret, maka fotografer tidak akan asal jepret. “Fotografi dan memotret sekarang sudah jadi hal yang umum, bahkan semua orang pernah memotret meski dengan kamera ponsel sekalipun. Namun terkadang mereka masih asal sehingga perlu diajarkan tentang pencahayaan, teknik, angle dan komposisi agar menghasilkan hasil karya yang bagus,“ timpalnya.
Yuhana, 17, salah satu peserta workshop mengaku lebih memahami teknik pengambilan gambar yang benar setelah mendengarkan paparan narasumber. “Ternyata tidak asal motret, semua ada tekniknya. Saya jadi lebih suka dan tertantang dengan dunia fotografi dan jurnalistik,“ kata siswi kelas XI IPS 1 ini. (den/ton/ce1)