MUNGKID– SMK Subhanul Waton (SW) Tegalrejo Kabupaten Magelang berhasil menjadi yang terbaik se-kabupaten dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Lembaga pendidikan yang mengolaborasikan sekolah formal dan pondok pesantren ini pun kini bermetamorfosis menjadi sekolah favorit.
Tahun ini, SMK SW berhasil meraih predikat terbaik berkat nilai anak-anak didiknya yang membanggakan. Jumlah nilai ujian mencapaai 32,73 dengan rata-rata 8,1. “Ada 20 siswa yang meraih nilai sepuluh untuk mata pelajaran matematika,” kata Kepala Sekolah SMK SW, KH Ahmad Izuddin usai mewisuda siswa SMK di aula sekolah, kemarin.
Keberhasilan ini, kata dia, tidak lepas dari kerja keras seluruh komponen di sekolah. “Hasil ini tak lepas dari upaya sekolah mendisiplinkan siswa,” katanya. Di sekolah itu, seluruh siswa wajib bermukim di pondok pesantren. “Jadi ada jadwal belajar yang harus dilakukan oleh para siswa. Semua kita disiplinkan dan istikomah,” kata dia.
Keberhasilan sekolah ini, kata dia kemudian berdampak pada tingginya calon siswa yang mendaftar. Bahkan tiap tahunnya ada ribuan calon pelajar yang harus ditolak akibat terbatasnya quota.
“Tahun ini saja untuk SMK pendaftarnya hampir ribuan tapi kuotanya hanya 320,” kata dia.
Malikah Dewi salah satu siswa berprestasi mengaku bangga dengan nilai yang diraihnya. Dia mengaku cocok dengan sistem pendidikan di sekolah itu. “Karena disini kita juga diajarkan nilai-nilai agama,” kata siswa dengan nilai rata-rata 9,16 ini. (vie/lis)