SEMARANG – Meski belum benar-benar memastikan diri ke babak 16 besar dan masih harus fokus di empat laga tersisa babak penyisihan grup, PSIS saat ini juga harus mulai menghitung calon kekuatan lawan di babak lanjutan yaitu babak 16 besar kompetisi Divisi Utama.
Dari delapan grup yang ada di Divisi Utama saat ini, nanti hanya juara serta runner-up masing-masing grup yang berhak ke babak 16 besar. Untuk selanjutnya, 16 tim yang melaju akan dibagi lagi ke dalam empat grup yaitu Grup J, K, L dan M di mana masing-masing grup akan dihuni oleh empat tim.
Hingga laga ke 10 yang dilakoni PSIS saat ini memang belum bisa terlihat tim Mahesa Jenar akan tetap di puncak klasemen atau runner-up grup sehingga belum tahu akan berada di grup mana di babak 16 besar nanti. Jika PSIS berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup 4, maka di babak 16 besar PSIS akan berada di Grup J. Di grup tersebut juga bercokol juara klasemen akhir Grup 1, runner up klasemen akhir Grup 2 dan juara klasemen akhir Grup 3.
Sementara jika nantinya tim Mahesa Jenar berhasil mempertahankan peringkat pertama klasemen akhir Grup 4, maka di babak 16 besar PSIS akan berada di Grup K bertemu dengan runner-up klasemen akhir Grup 1, juara klasemen akhir Grup 2 dan runner up klasemen akhir Grup 3. “Meskipun belum bisa terlihat, ya paling tidak saat ini kita mulai menghitung kekuatan tim-tim dari grup lain yang berpeluang untuk lolos ke babak 16 besar sehingga nanti kita benar-benar siap untuk masuk ke babak 16 besar,” kata manajer tim PSIS Wahyu ‘Liluk’ Winarto.
Jika dilihat dari perhitungan sementara di mana PSIS masih berhasil menghuni peringkat teratas klasemen Grup 4, di babak 16 besar nanti PSIS akan berada satu grup dengan Pro Duta, PS Bangka dan PSGC Ciamis. “Itu perhitungan sementara hingga pertandingan ke-10, tapi saat ini kan masih menyisakan empat pertandingan jadi segala sesuatunya masih bisa berubah termasuk susunan akhir klasemen di Grup lain,” sambung Liluk.
Namun, lanjut Liluk, juara grup atau runner-up sama saja. Sebab di babak 16 besar nanti akan bertemu tim-tim tangguh. “Bila juara grup, kita akan bertemu Pro Duta dan PSGC Ciamis yang kekuatannya sangat bagus. Sementara kalau kita lolos 16 besar sebagai runner-up grup, akan berhadapan dengan Persikabo dan PSCS yang selama ini juga bermain bagus. Jadi menurut saya sama saja, yang penting kita fokus saja di tiap pertandingan,” jelsnya.
Saat ini PSIS masih menyisakan empat laga penyisihan grup yaitu dua laga kandang menjamu PPSM Magelang (11/8) dan Persip Pekalongan (15/8) dan dua laga tandang yaitu versus PSIR (19/8) dan Persipur (23/8). “Pastinya kita juga harus tetap fokus menatap empat pertandingan tersisa meski kita hanya butuh satu kali kemenangan untuk memastikan satu tiket ke babak 16 besar nanti,” pungkas Wahyu ‘Liluk’ Winarto. (bas/smu)