SEMARANG – Equina Jateng yang berafiliasi dengan Pengprov Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Jateng mengirimkan 10 atletnya dalam event ‘Nusantara Equestrian Championship’ yang akan berlangsung di Parompong, Lembang, Bandung, 20-22 Juni mendatang. Para atlet yang disertakan dalam kejuaraan tersebut, adalah mereka yang disiapkan menghadapi babak kualifikasi PON 2016 mendatang.
Menurut Ketua Eqina Jateng Johanes Lukito, ke-10 rider tersebut adalah Galih Rasiono, Anjasmara, Nisa Prika, Jayadi, Marko di bagian putra, sedangkan putrinya Jocelyn, Merry Ann, Jessy Geraldine, Darin dam Shafira. Menghadapi event yang digagas PP Pordasi dan Denkavnud Parompong itu, kata Johanes, para atlet menjalani persiapan khusus.
”Rider yang tampil di even nasional adalah para peraih medali di Porprov 2013 lalu. Target kami, sebelum mereka tampil di Pra-PON, harus mengikuti minimal tiga kali even daerah dan dua kali even nasional. Dengan demikian, saat tampil di babak kualifikasi PON, mereka sangat siap,” katanya.
Pada even ini, menggelar sekitar 20 mata lomba, diantaranya jumping, dressage (tunggang serasi), show jumping dan jumping off. Jateng sendiri membidik medali emas di even tersebut. Soal persaingan, Johanes menilai rider Jabar masih menjadi pesaing terkuat.
Ditambahkan Yo, panggilan akrab Johanes, pada PON 2016 di Jabar, cabang berkuda bakal menjadi cabang andalan Jateng mengingat cabang tersebut menyediakan cukup banyak medali emas, yaitu 15 medali emas. “Perinciannya 15 emas yang diperebutkan adalah lima nomor pacuan, dan 10 nomor equestrian (ketangkasan). Pada PON mendatang, kami optimistis para atletnya bisa menyumbangkan enam medali emas,” pungkasnya. (bas/smu)