SMP 1 Salaman Ranking Pertama

1387

MUNGKID — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Magelang mengklaim seluruh peserta ujian nasional (unas) tingkat SMP lulus 100 persen. Meski, ada beberapa siswa SMP Terbuka yang ditemukan gagal, karena tak mengikuti semua mata pelajaran.
Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Kedu, ada dua siswa SMP Terbuka dinyatakan tidak lulus. Keduanya diketahui tidak ikut unas secara keseluruhan dan tidak mengulangi pada kesempatan ujian susulan. Dua siswa tersebut, berasal dari SMP Terbuka Sawangan dan SMP Terbuka Dukun.
Kepala Seksi Kurikulum dan Pengendalian Mutu (Kurdaltu) SMP, Priyana, mengatakan, keduanya tidak mengikuti keseluruhan ujian, sehingga tidak dihitung sebagai peserta. Karena itu, menurut dia, secara keseluruhan siswa SMP dan MTs Swasta/Negeri se-Kabupaten Magelang dinyatakan lulus 100 persen.
NEM tertinggi, 39,20 diperoleh Sukamto, siswa SMP Negeri 1 Salaman. ”Perolehan tersebut, menjadikan kita termasuk satu dari sembilan SMP dengan NEM tertinggi di Jawa Tengah,” imbuh Priyana.
Adapun peringkat terbaik untuk perolehan hasil unas tingkat SMP. Urutan pertama SMPN 1 Salaman, berikutnya SMPN 1 Muntilan, dan SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring. Tahun ini, UN SMP/MTs sederajat diikuti oleh sebanyak 15.662 siswa. Jumlah itu terdiri atas 11.537 siswa SMP dan 4.125 siswa MTs.
Sementara itu, untuk mengisi waktu selama menunggu pengumuman unas, siswa siswi SMPN 1 Tempuran menggelar berbagai atraksi siswa. Seperti beladiri pencak silat, drama, tari tradisional, dan sebagainya. Kepala SMP Negeri 1 Tempuran, Umi Hidayati menuturkan, kedua cabang olahraga yang ditampilkan masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Dijelaskan, prestasi akademik yang dicapai SMP Negeri 1 Tempuran pada hasil unas 2014 ini, l menduduki peringkat 7 se-Kabupaten Magelang untuk SMP negeri-swasta. Adapun jumlah peserta unas sebanyak 183 siswa, terdiri atas 72 laki-laki dan 111 perempuan. ”Hasil unas tahun ini setingkat lebih tinggi dibanding hasil tahun lalu.”