Terus Asah Kemampuan Wasit

103

SEMARANG – Asosiasi PSSI Jateng saat ini tengah menyiapkan wasit-wasit terbaik mereka melalui penyegaran yang digelar untuk wasit berlisensi C1 dan C2 di graha wiyata Patemon Gunungpati, Acara itu diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, kemarin hingga hari ini.
Penyegaran tersebut, menurut Ketua Asosiasi PSSI Jateng, Johar Lin Eng dimaksudkan agar wasit-wasit terbaik di Jateng itu siap untuk turun di beberapa agenda kompetisi dan turnamen terdekat seperti Piala Nusantara dan Piala Soeratin 2014.
“Total ada 247 wasit dan 40 pengawas pertandingan yang ikut dalam penyegaran ini. tujuannya ya untuk sosialisasi ke mereka tentang beberapa agenda yang akan mulai diputar Agustus mendatang,” kata Johar yang didampingi Exco PSSI Jateng, Aam Ichwan dan Anggota komite wasit Asprov.
Menurutnya acara penyegaran seperti ini memang sudah biasa di jalankan karena memang sudah menjadi agenda PSSI, meski demikian biasanya hanya dilakukan oleh wasit ISL dan pengawas pertandingan ISL. “Menurut saya banyak wasit yang hanya meulai menjaga fisiknya saat dekat dengan kompetisi saja, nah itu yang perlu dirubah saat ini, jadi wasit juga harus merasa dirinya juga seorang atlet, sehingga terus menjaga kondisi fisiknya,” paparnya.
Sementara, A’am Ichwan selaku exco PSSI mengatakan bahwa ada agenda berikutnya adalah tes fisik untuk para wasit pada hari Minggu. “Dari tes itulah nanti akan kita lihat dan tentukan untuk penugasan mereka, di mana mereka akan ditempatkan,” ungkapnya. (bas/smu)