Solidaritas Becak Semarang Dukung Jokowi–JK

112

Tjahjo Perintahkan Temui Rustri

SEKAYU – Ratusan penarik becak di Kota Semarang menyatakan dukungan bagi pasangan Jokowi–Jusuf Kalla, Minggu (15/6). Bentuk dukungan tersebut diberikan dengan mendatangi Posko Relawan JKW4P Jateng di Jalan Pemuda Semarang. Setelah memakai kaos bergambar Jokowi dan meneriakkan yel-yel, para penarik becak tersebut berkonvoi keliling kota.
Sekitar pukul 15.00, ratusan becak itu mulai berdatang di posko. Mereka ditemui Ketua Posko Relawan JKW4P Jateng Juli Nugroho dan terlihat berbicara sejenak dengan perwakilan tukang becak. Setelah sempat orasi beberapa saat, mereka yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Becak Semarang untuk Jokowi ini mengayuh becak dengan tertib melewati sejumlah jalan protokol.
”Kami sepakat mendukung Jokowi–JK dalam pilpres karena mereka sosoknya yang sederhana, sama dengan kita,” ujar salah seorang tukang becak, David Suroso.
Ahmad Awaludin, penarik becak lainnya mengaku memilih Jokowi karena sosoknya yang dekat dengan rakyat. Mantan Wali Kota Surakarta itu menurutnya adalah pemimpin yang mampu melaksanakan pembangunan dengan cara-cara yang tidak menyengsarakan rakyat. ”Pak Jokowi yang bisa menjadi harapan orang kecil seperti kami. Karena dekat dengan rakyat, diharapkan Pak Jokowi tahu penderitaan rakyat,” katanya.
Sementara itu Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi–JK, Tjahjo Kumolo menyatakan akan segera memerintahkan Ketua Tim Pemenangan Jokowi–JK Jateng Heru Sudjatmoko untuk menemui mantan Wagub Jateng Rustriningsih. Sosok Rustriningsih yang masih mengikuti banyak pendukung diharapkan mampu mendulang suara untuk Jokowi–JK. ”Bu Rustri sampai saat ini masih tercatat sebagai kader PDI Perjuangan. Bu Mega juga meminta saya menemui sejumlah tokoh jika mampir di Jateng,” ujarnya di Omah perjuangan, Jalan Soegijapranata Semarang, kemarin.
Menurutnya, pertarungan dalam pilpres tidak hanya terkait satu partai. Karena itu pihaknya terbuka bagi siapa saja tokoh yang akan bergabung. (ric/bis/ce1)