UNGARAN – Di balik para pemimpin yang hebat, selalu ada perempuan yang hebat pula. Tema itulah yang coba diangkat dalam Deklarasi Perempuan Jateng untuk Pemenangan Jokowi – Jusuf Kalla yang digelar di alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Timur, Sabtu (14/6). Ribuan perempuan menyatakan deklarasi mendukung penuh pasangan tersebut. Mereka juga mengumpulkan donasi bagi Jokowi – JK.
Potensi pemilih perempuan di Jateng yang jumlahnya mencapai sekitar 51 persen tidak bisa diabaikan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 ini. PDI Perjuangan bersama sejumlah parpol koalisi serta relawan perempuan berupaya memaksimalkan potensi tersebut untuk pemenangan pasangan Jokowi – JK. Deklarasi yang mengusung tema “Perempuan Hebat Dibalik Para Pemimpin Hebat” tersebut dihadiri Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) yang juga jubir tim pemenangan Jokowi – JK Khofifah Indar Parawansa. Hadir pula Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, Sudarli Heru Sudjatmoko, Sekretaris Tim Kampanye Jokowi – JK Jateng Agustina Wilujeng, dan Bupati Kendal Widya Kandi Susanti.
Agustina mengatakan Joko Widodo dan Jusuf Kalla adalah pilihan terbaik untuk menjamin terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, berkepribadian dan berlandaskan gotong royong. “Namun perjuangan ini tidak ringan karena melawan kekuatan modal besar yang mampu membangun opini dan mengkondisikan informasi, menghalalkan segala cara dan upaya untuk merebut kekuasaan dan membagikannya hanya kepada kelompok dan golongan mereka semata,” katanya.
Satu-satunya cara lanjutnya adalah perlawanan rakyat, perlawanan yang dimotori kaum perempuan Indonesia. Ini sesuai pesan Jokowi bahwa tugas tim bukan hanya mengorganisir partai-partai dan relawan. Tapi harus mengorganisir rakyat secara nyata. Acara tersebut dihadiri perwakilan perempuan dari parpol pengusung, Muslimat NU, dan perempuan petani.
Selepas deklarasi tersebut, Agustina berharap para perempuan menghadirkan diri di tengah masyarakat sebagai ibu, istri, guru, buruh, dan karyawan menjadi duta dan jubir bagi Jokowi – JK. “Harapan untuk Indonesia Hebat akan terwujud di tangan para pemimpin hebat yang didukung perempuan-perempuan hebat di seluruh Indonesia,” katanya. (ric)