Pengembang Perbanyak Tipe dan Desain Rumah

251

SEMARANG – Pengembang perumahan memperbanyak tipe serta desain baru, untuk unit rumah yang ditawarkan. Hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan serta selera pasar yang makin beragam.
Dibya K Hidayat, Direktur PT Kini Jaya Indah yang juga pengembang perumahan Plamongan Indah mengatakan, kebutuhan masyarakat untuk tipe rumah saat ini sangat variatif. Karena itu pihaknya memperbanyak variasi untuk lebih memudahkan konsumen dalam memilih. Sebelumnya, pengembang membangun tipe dan desain rumah secara terbatas, dan pembeli mengikuti saja. Namun saat ini pembeli lebih kritis saat akan membeli unit rumah.
Dia mencontohkan, sebelumnya di cluster Jasmine Park hanya menyediakan rumah-rumah dengan tipe 58 ke atas. Dalam pameran REI Jateng ke-5 dikeluarkan tipe dua tipe yang lebih kecil yaitu 42 dan 45. “Cocok untuk keluarga kecil. Dari segi harga juga lebih terjangkau,” ujarnya.
Cluster yang berlokasi di Plamongan Indah ini juga mengusung desain Eropa Klasik, berbeda dari tiga cluster lainnya yang lebih mengarah ke desain minimalis dan rumah-rumah tropis. “Kalau tren sebetulnya masih berkisar di desain minimalis. Tapi kita coba tampilkan yang baru, bergaya Eropa klasik. Tetap simpel minimalis, tapi lebih ada tambahan khas ala Eropanya,” paparnya.
Ke depan, bisnis perumahan masih tetap potensial. Hanya saja pengembang harus pandai-pandai menyiasati harga tanah yang terus melambung, termasuk halnya harga bahan bangunan yang cukup tinggi. “Kalau menurunkan harga sulit, karena biaya tanah dan bangunan saja sudah tinggi. Tapi kami tetap berupaya dengan memberikan berbagai kemudahan bagi para calon konsumen,” tuturnya. (dna/smu)