Gurih Pedas Menu Tradisional

206

Buntil Daun Pepaya

Buntil adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari daun-daunan muda sebagai pembungkus, biasanya daun singkong muda, daun talas atau daun sente. Sedangkan yang dibuat sebagai isian adalah parutan kelapa yang diberi bumbu.
Kali ini Chef Tri Puji, Chef Hotel Dafam Semarang mengangkat menu tradisional ini ke dalam menu andalannya. “Buntil dibuat dari parutan kelapa muda. Itu sebabnya gurih rasanya. Di dalam kelapa parut ini , bisa kita tambahkan berbagai bahan dan bumbu sehingga tercipta lah buntil yang sangat variatif,” katanya.
Makanan ini sebenarnya hampir mirip dengan bothok hanya saja penyajiannya biasanya menggunakan saus atau kuah pedas yang berbahan dasar santan, dan perbedaan yang lain antara buntil dan bothok adalah, jika bothok daun pembungkusnya adalah daun pisang dan tidak bisa dikonsumsi, namun pembungkus buntil bisa dimakan langsung.
“Olahan sayuran gaya Jawa Tengah ini rasanya gurih pedas dan enak. Bungkus daun pepayanya yang renyah sedikit pahit justru membuat rasanya jadi makin enak. Tinggal dinikmati dengan nasi hangat, rasanya jadi makin sedap,” ujarnya. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Chef Tri pun tak tak segan membocorkan menu olahan yang ia buat plus cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. (den/ ;ric)