UNGARAN – Kehadiran Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa menjadi magnet tersendiri dalam Deklarasi Perempuan Jateng untuk Pemenangan Jokowi – JK di alun-alun Bung Karno, Kalirejo, Ungaran Timur, Sabtu (14/6). Khofifah yang juga juru bicara pemenangan pasangan Jokowi – Jusuf Kalla tersebut sukses mengajak para perempuan yang hadir menggalang donasi untuk pemenangan Jokowi – JK.
Khofifah yang datang terlambat, begitu naik panggung langsung mengajak ribuan undangan yang datang untuk menyanyikan lagu “Perjuangan dan Doa” milik raja dangdut Rhoma Irama.
Ajakan itu dijawab antusias dengan banyak orang yang merangsek ke depan panggung untuk bergoyang bersama. Sejumlah tokoh perempuan Jateng pun mengiringi Khofifah bernyanyi, seperti Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, Sudarli Heru Sudjatmoko, Sekretaris Tim Kampanye Jokowi – JK Jateng Agustina Wilujeng, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti, serta sejumlah politisi perempuan parpol pengusung.
Mantan cagub Jatim tersebut juga sukses mengajak ribuan undangan mengumpulkan donasi untuk Jokowi – JK. “Waktu ada penggalangan dana, ada yang bilang mau jadi Presiden kok nggak punya uang. Sekarang saya mau tanya pada ibu-ibu, bersedia nggak nyumbang untuk Jokowi,” ujarnya.
Dalam sekejap, banyak undangan yang merogoh kocek dan memasukkannya ke dalam kardus-kardus yang dibawa panitia.
Dalam sambutannya, Khofifah mengajak para perempuan untuk mendukung Jokowi – JK. Dia juga tidak mempermasalahkan langkah Mahfud MD yang memilih mendukung Prabowo – Hatta. “Itu hak demokrasi setiap warga, saya sangat menghormati beliau, nggak ada masalah, kita bersaudara saya sudah lama mengenal beliau,” katanya.
Ketua Tim Pemenangan Jokowi – JK Jateng Heru Sudjatmoko mengatakan, di Indonesia wanita sudah dianggap sejajar dengan pria dan memiliki hak politik yang sama. Kaum perempuan ini lanjutnya dianggap paling manjur untuk menangkal kampanye hitam dan money politics. “Semua saat ini diiming-imingi uang, seolah-olah semua mau dibeli. Kaum ibu biasanya paling manjur menangkal itu,” katanya.
Dalam acara tersebut juga dibacakan Deklarasi Perempuan Jateng Mendukung Jokowi – JK, dan menyanyikan bersama lagu sanjungan untuk perempuan. (ric/aro)