Kerap Crat-Crit, PDAM Perbaikan

177

TEMANGGUNG — Sejumlah titik di kawasan Kota Temanggung dan Parakan, kerap mengalami gangguan saluran air PDAM. Gangguan tersebut, dipicu adanya perbaikan pada saluran pengairan utama yang rusak. Proses perbaikan, membuat pasokan air ke pelanggan terhambat. PDAM telah mengedarkan SMS gateway, memberitahukan hal itu kepada pelanggan.
”Iya, sering mati airnya. Kami jadi kesusahan kalau sedang butuh air tapi airnya mati,” keluh Nuryanto, 48, warga Perumahan Taman Candi Asri, Desa Candimulyo, Kecamatan Kedu.
Ia mengaku tak mendapatkan konfirmasi dari PDAM terkait rencana pemutusan sementara saluran air yang menyebabkan saluran air bersih tidak sampai pada pelanggan. Yang terjadi, dalam sehari, air kerap tak mengalir sejak pagi hingga malam hari. ”Tidak ada pemberitahuan.”
Terpisah, Direktur PDAM Temanggung, Suparto Edi Sucahyo membenarkan perihal sering putusnya saluran air kepada pelanggan. Ia mengklaim, hal itu dipicu kerapnya saluran air dari sumber mata air, sedang dalam proses perbaikan. ”Setelah bencana banjir bandang di Kledung kita masih fokus perbaikan.”
Saat ini, pihaknya tengah membenahi saluran air induk yang mengalami kerusakan di Desa Kwadungan Gunung. Di titik tersebut, ada banyak saluran yang harus diperbaiki.
Setelah itu, dilanjutkan perbaikan di Desa Kruwisan Kecamatan Kledung. ”Biasanya air tak mengalir hanya saat perbaikan saja.”
Mengantisipasi kekecewaan pelanggan, pihaknya telah menyebarkan SMS gateway tentang rencana pemutusan sementara untuk proses perbaikan.
SMS dikirimkan kepada nomor pelanggan yang telah terdaftar. ”Mungkin yang belum terdaftar yang tidak mendapatkan.” (zah/lis/ce1)