5 Balon Rektor Ditetapkan

102

GUNUNGPATI – Lima bakal calon rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah ditetapkan, Jumat (13/6). Mereka adalah Achmad Rifai RC (mantan Pembantu Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan), Prof Fathur Rokhman (Rektor Unnes, guru besar Fakultas Bahasa dan Seni), Martitah (mantan Pembantu Dekan III Fakultas Hukum), Prof Supriadi Rustad (Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud), dan Suwito Eko Pramono (dosen Fakultas Ilmu Sosial).
Ketua Senat Unnes Samsudi menegaskan, proses pemilihan rektor Unnes tidak macet. ”Tidak terjadi kemacetan, namun memang melambat,” kata Samsudi, kemarin.
Melambatnya proses penetapan calon rektor universitas konservasi tersebut karena Badan Pekerja Senat belum menentukan rumusan berdasar lima pendaftar. ”Maka dari itu, harus dilakukan rapat pleno lagi,” kata Samsudi.
Penetapan yang seharusnya sudah dilaksanakan pada 20 Mei tersebut, memang memperoleh perhatian dari berbagai pihak. Antara lain Forum Eksekutif Mahasiswa (FEM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menyatakan siap mengambil alih tugas Senat dalam menjalankan pemilihan rektor. Pernyataan tersebut tertuang dalam ’Tiga Tuntutan Mahasiswa’ yang dibacakan oleh Presiden Mahasiswa Unnes Prasetyo Listiaji, di kampus Sekaran. Tuntutan tersebut juga ditandatangani para ketua Badan Eksekutif Mahasiswa dari delapan fakultas. Ketua Senat Samsudi dan Prasetyo juga membubuhkan tanda tangan di bawah kata ’mengetahui’ pada lembar tuntutan tersebut.
Sikap tersebut diambail menyusul terjadinya kebuntuan dalam proses penetapan bakal calon rektor. Rapat pleno Senat 20 Mei silam yang mengagendakan penetapan bakal calon, gagal menemukan kata sepakat, terutama terhadap frasa ’dosen PNS aktif’ untuk persyaratan calon.
Terpisah, Rektor Unnes Fathur Rokhman mengakui keterlambatan tersebut karena salah satu calon masih menduduki jabatan struktural. ”Namun hal tersebut sudah diselesaikan dalam rapat senat,” kata Fathur. (mg1/ton/ce1)