JOGJA—Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM masuk dalam 5 persen sekolah bisnis terbaik dunia.
Yakni, dengan diterimanya akreditasi internasional dari Lembaga Akreditasi Internasional untuk Sekolah Bisnis, Association Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dari Amerika Serikat pada Mei lalu.
Dengan capaian itu, UGM merupakan universitas pertama di Indonesia dan kedelapan di ASEAN, yang mendapatkan akreditasi internasional.
“Dengan pengakuan akreditasi internasional AACSB, maka FEB UGM sebagai satu-satunya sekolah bisnis di Indonesia yang mendapatkan akreditasi dari badan akreditasi yang berbasis di Amerika Serikat itu,” kata Dekan FEB UGM Prof Wihana Kirana Jaya MSocSc PhD usai menandatangani nota kesepahaman dengan CEO Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Helen Brand, di ruang auditorium BRI FEB UGM.
Kirana berharap, pihaknya bisa mempertahankan reputasi tersebut.
Kata Dekan Kirana, untuk meraih akreditasi AACSB, butuh waktu kurang lebih 7 tahun bagi FEB untuk mendapatkannya. Sebab, pengakuan rekognisi internasional harus melalui persyaratan ketat, terkait perbaikan di segala bidang dan ditinjau setiap tahun.
Kirana menyampaikan, sebagai 5 persen sekolah bisnis terbaik dunia, pihaknya akan terus memperbaiki kualitas pendidikan dengan menggandeng lembaga internasional seperti ACCA.
Kerja sama dengan ACCA, lanjut Kirana, dilaksanakan dalam rangka mendukung peningkatan kualitas dan mutu profesi akuntansi. Utamanya, dalam pemeliharaan dan penguatan kapasitas profesional dan standar pendidikan. (jpnn/isk)