DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Demak beberapa waktu lalu melalui rapat pleno secara aklamasi memilih H Nurul Muttaqin untuk diajukan sebagai Ketua DPRD Demak. Karena itu, nama yang bersangkutan langsung diusulkan ke DPP PKB untuk mendapatkan rekomendasi mengisi jabatan ketua dewan tersebut. “Saya siap mengemban amanat partai,” terang Nurul, kemarin.
Seperti diketahui, dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 9 April lalu, ia terpilih lagi untuk menduduki kursi dewan dari daerah pemilihan (Dapil) Sayung, Karangtengah dan Kecamatan Guntur dengan raihan suara sebanyak 9.025 suara. Perolehan suara ini termasuk yang tertinggi di internal PKB. Karena itu, PKB sebagai partai pemenang Pemilu 2014 berhak mengusulkan kadernya yang berprestasi untuk menduduki jabatan ketua dewan tersebut. 
Nurul sendiri telah memiliki banyak pengalaman di dunia politik. Hingga kini, ia masih tercatat sebagai anggota DPRD Demak. Jabatan yang pernah diisi adalah Ketua Fraksi PKB. Selain itu, menjadi Ketua Komisi D hingga sekarang. Secara struktural di PKB, Nurul sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Ketua PAC PKB Sayung (periode 2008-2013). Kemudian, Sekretaris DPC PKB Demak (2011-2016). 
Pria kelahiran Demak, 30 Desember 1978 ini mengawali karirnya sebagai guru Madrasah Diniyah (Madin), guru Taman Pendidikan Alquran (TPQ), guru Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan guru Madrasah Aliyah (MA) di Desa Bulusari, Kecamatan Sayung. Ia adalah alumnus Fakultas Syariah, Jurusan Mu’amalah, IAIN Walisongo, Semarang (lulus 2004). Di sela kuliah, ia juga pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) serta menjadi sekretaris dan wakil ketua di PAC GP Ansor, Kecamatan Sayung. (hib/ida)