Selangkah Lagi Cetak Sejarah

122


SEMARANG – Hasil manis mampu diraih Sahabat Wisma Sehati Semarang. Tim polesan Xaverius Wiwit Agus Cahyono ini sukses merebut tiket grand final. Usai menundukkan Surabaya Fever, 68-66, dalam Speedy WNBL Indonesia 2013-2014 Championship Series di GOR UNY Jogjakarta, Selasa (10/6).
Sukses ini merupakan lompatan prestasi luar biasa bagi Sahabat. Untuk kali pertama, Nathasa Debby Christalin dkk bakal mencicipi atmosfer grand final liga basket perempuan kasta tertinggi di tanah air. Lebih hebat lagi, sukses itu dipetik Sahabat dengan menyingkirkan Fever yang selalu tampil di grand final pada dua musim sebelumnya.
Sahabat akan menantang juara bertahan Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta pada partai puncak hari Kamis (12/6). Sementara Fever akan berebut tempat ketiga dengan Sritex Dragons Enduro Solo di hari yang sama.
Tampil dengan kekuatan full team, Sahabat harus berjuang ekstra keras meladeni perlawanan Fever. Akibat terlambat panas, Sahabat tertinggal 9-18 di akhir kuarter pertama. Memasuki kuarter kedua, Sahabat  mulai menemukan performa terbaiknya. Sahabat pun mampu menyamakan kedudukan di sisa 7 menit kuarter kedua. Skor Sahabat kembali bertambah 2 poin dari tembakan Yuni Anggraeni. Sahabat kemudian berbalik unggul 22-20.
Kuarter ini menjadi kuarter milik Sahabat yang unggul 34-26. Hingga half time, Nur Rahmawati dan Debby (panggilan Nathasa Debby) menjadi kolektor poin terbanyak bagi Sahabat. Keduanya membukukan 10 poin. Nur bermain hampir 2 kuarter penuh (19 menit 40 detik). Sementara, Debby bermain penuh dua kuarter.
Ketatnya pertandingan berlanjut pada kuarter ketiga. Momentum Fever, kembali didapat pada sisa satu menit kuarter ketiga. Dua free throw Sumiati yang berhasil dieksekusi sempurna, kembali menyamakan skor. Score board pun menunjukkan angka 44-44. Kuarter ketiga, berakhir
dengan skor imbang 48-48.
Pada kuarter akhir, kejar-mengejar poin kembali terjadi. Satu menit terakhir, suasana menjadi semakin menegangkan. Tembakan tiga poin Marlina Herawan di sisa satu detik, gagal membuat Fever unggul. Skor pun berakhir dengan selisih tipis, 68-66, atas keunggulan Sahabat.
”Saya selalu meminta rekan-rekan lain untuk selalu waspada terhadap serangan cepat Fever. Memang, kami sempat lengah di kuarter ketiga karena kurang fokus. Tapi, saya lega Sahabat bisa masuk final,” ujar Nathasa Debby Christalin, kapten Sahabat yang mengemas 26 poin dan 8
rebound.
Sementara pelatih Sahabat, Xaverius Wiwid mengatakan, timnya siap menghadapi tim kuat Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta di partai puncak kendati Tomang menurutnya juga menjadi salah satu tim kandidat juara musim ini. “Pastinya Tomang tim bagus, kekuatan mereka juga merata. Tapi kita sudah sampai final, dan kita siap fight tampil habis-habisan di final,” terang mantan pelatih tim basket putri PON Jateng tersebut. (bas/ric)