Kuliner Sehat

181

MESKI suka kuliner, Riska Ardila Prinkasari, tidak asal sembarang memilih makanan. Penyiar radio Yasika FM itu mengaku tetap pilih-pilih menu. ”Walaupun aku suka kuliner, tapi aku tetap berhati-hati dalam memilih menu-menu yang ada,” ucap pemilik nama udara Aura tersebut.
Gadis 24 tahun itu, mengaku tak sembarangan memilih jajanan di luar. Terpenting, ucap dia, menu sehat dan tempat yang bersih. Itu yang menjadi prioritasnya. ”Aku tidak biasa makan di tempat yang kurang bersih, walaupun makanannya enak sekalipun, kalau tempatnya kumuh, jadi kurang berselera,” tuturnya.
Makanan yang sehat, kata dia, adalah kuliner yang tidak mengandung banyak minyak dan penyedap rasa. Gorengan dan makanan pedas, misalnya, ia hindari, demi suaranya tetap merdu.
”Tidak cuma pedas atau gorengan yang aku hindari, tapi es juga mulai aku kurangi, biar tenggorokan nggak sakit dan suara tetap terjaga dengan baik,” katanya, sambil tersenyum.
Penyiar pun, kata dia, tak boleh telat makan. Bagaimanapun, makanan menjadi sumber kekuatan bagi tubuh. Dan, harus diingat, jangan sampai hobi kuliner justru mengancam kesehatan. Cuma dapat kenyang saja, tapi berujung sakit.
”Kuliner boleh aja, tapi harus pilih dengan menu jajanan yang ada. Jangan sampai terlena dengan rasanya yang enak, tapi habis kenyang besok-besoknya justru merasakan sakit yang timbul akibat mengonsumsi makan-makanan itu sendiri,” tegasnya. (mg4/lis/ce1)