Bakukan Tata Rias Kota Wali

80

DEMAK-Para perias pengantin se-Demak yang tergabung dalam DPC Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (Harpi) Melati Demak hingga kini terus berupaya untuk membakukan berbagai macam tata rias Kota Wali. Ini dilakukan supaya rias pengantin khas Demak tersebut bisa lebih menasional.
Demikian disampaikan Ketua DPC Harpi Demak, Hj Ida Nur Sa’adah di sela Musyawarah Cabang DPC Harpi Melati yang berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Demak Kota, kemarin. Menurutnya, pengembangan tata rias yang mengusung potensi lokal disusun dalam diktat khusus termasuk sejarah tata rias tersebut.
“Pembuatan diktat ini masih dalam proses. Setelah jadi, segera diuji secara nasional untuk dibakukan dan dijadikan sebagai salah satu keragaman materi tata rias Indonesia,” terang Ida, kemarin.
Menurutnya, Harpi Melati setidaknya membawahi sebanyak 250 perias se-Demak. Namun, dalam muscab yang memiliki agenda pemilihan ketua baru ini hanya diwakili tiga utusan dari masing-masing kecamatan.
“Ada 11 kecamatan yang ikut berpartisipasi dalam muscab kali ini. Setiap kecamatan mengirimkan 3 orang utusan. Mereka memiliki hak dipilih dan memilih. Muscab ini, kita lakukan agar ada nuansa pendidikan atau capacity building bagi para anggotanya,”kata Ida.  
Dalam muscab kali ini, Ida Nur Sa’adah kembali terpilih secara aklamasi untuk periode 2014-2018. Pemilihan ketua tersebut dihadiri langsung Ketua DPD Harpi Provinsi Jateng Joko Wahyudi. (hib/ida)

Silakan beri komentar.