SEMARANG – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali mengadakan kegiatan “Astra Honda Safety Riding Instructors’ Competition (AH-SRIC). Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi tanggung jawab sosial perusahaan di bidang keselamatan berkendara.

Kompetisi yang tahun ini memasuki tahun ke-8 diikuti oleh sekitar 150 instruktur safety riding Honda yang merupakan utusan dari 29 main dealer Honda di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh 29.737 advisor safety riding dari 886 Komunitas Honda dari seluruh Indonesia.

Diawali dengan proses seleksi di tingkat main dealer, akhirnya terpilih 38 instruktur safety riding Honda dan 42 advisor safety riding komunitas Honda terbaik yang bertanding di tingkat nasional pada 9-10 Juni 2014 di area Secapa TNI-AD, Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat.

Menariknya, khusus tahun ini, AHM juga membuka kelas khusus instruktur perempuan yang diikuti oleh 9 peserta. Para peserta ini merupakan hasil seleksi dari 19 instruktur perempuan yang sudah tersertifikasi kemampuannya oleh AHM.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan, para instruktur safety riding Honda dan advisor safety riding komunitas Honda merupakan ujung tombak dalam mengampanyekan keselamatan berkendara di masyarakat. Oleh karena itu, kompetisi ini kami harapkan dapat terus meningkatkan kompetensi mereka. “Kami punya prinsip No Sales without Safety,”ujarnya.

Kompetisi AH-SRIC menerapkan standar internasional kompetisi safety riding dengan materi ujian yang meliputi coaching skill, braking, narrow plank, slalom pylon, dan slalom course. Khusus untuk advisor safety riding komunitas, diuji pula pengetahuan terkait safety riding. Coaching skill dipakai untuk menguji kemampuan peserta dalam menyampaikan materi edukasi keselamatan berkendara secara baik dengan metode “role play”. Para instruktur dinilai saat menyampaikan materi keselamatan berkendara dengan metode demo statis dan medium alat peraga.

“Pada bulan September ini kami akan mengirimkan duta safety riding tanah air ke Kompetisi Instruktur Safety Riding tingkat Internasional di Jepang. Kami berharap prestasi tingkat internasional yang diraih tahun lalu akan kembali diraih oleh para instruktur safety riding
Honda ini.”

Tahun lalu, dua instruktur safety riding binaan PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil mencetak prestasi dengan meraih poin tertinggi dalam The 14th Safety Japan Instructors Competition 2013. Ahmad Anugra dan Aldea Henry ditetapkan sebagai juara 1 dan 2 kelas 100cc pada event bergengsi yang berlangsung di Suzuka Circuit Traffic Education Center, Suzuka, Jepang (14-15/11). Kompetisi ini diikuti oleh instruktur-instruktur terbaik Honda dari enam negara Asia, yaitu Thailand, India, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura. (dna/ton)