TEMANGGUNG — Sekretariat DPRD Kabupaten Temanggung, bersiap menyambut pelantikan caleg terpilih. Untuk keperluan tersebut, sekretariat dewan menyiapkan anggaran Rp 458 juta bagi 45 anggota dewan terpilih hasil pileg lalu. Selain seragam, biaya pelantikan akan memakan anggaran sekitar Rp 618 juta.
Sekretaris DPRD Temanggung Harno Susanto mengatakan, anggaran untuk pengadaan seragam baru mencapai Rp 458 juta. Anggaran sebanyak itu akan digunakan untuk membuat lima jenis seragam. ”Anggaran sudah disiapkan, tinggal menunggu pelaksanaan pembuatan saja.”
Ada empat jenis seragam. Yakni pakaian seragam lengkap (PSL), pakaian sipil resmi (PSR), pakaian seragam harian (PSH), pakaian dinas harian (PDH) serta jas untuk pelantikan.
”Masing-masing anggota DPRD yang baru, akan mendapat jatah yang sama, yakni untuk PSL satu setel, PSR satu setel, PSH satu setel, PDH dua setel dan satu setel jas yang akan digunakan pada saat pelantikan.”
Selain itu, per anggota DPRD, juga akan mendapatkan pin. Untuk perlengkapan lain— seperti sepatu— tak masuk dalam anggaran pengadaan tersebut.  
”Setiap anggota DPRD, baik yang baru atau incumbent, mendapatkan hak yang sama. Untuk pakaian, rata-rata tiap anggota DPRD mendapat dana sebesar Rp 10,194 juta.”
Dikatakan, proses pembuatan seragam akan dikerjakan selama sebulan, sebelum pelaksanaan pelantikan.
”Nama-nama anggota DPRD yang baru, sudah kita dapatkan dari KPU. Sesegera mungkin pengukuran seragam akan kami koordinasikan kepada anggota DPRD yang baru.”
Pelantikan anggota DPRD yang baru, akan dilakukan pada 19 Agustus 2014 di Pendopo Pengayoman.
Mengenai anggaran pelantikan, Harno mengatakan, disiapkan dana Rp 160 juta. Sebagian besar diperuntukkan konsumsi. Biaya yang lain— seperti penyewaan peralatan tata suara, dekorasi, sosialisasi dan segala perlengkapannya, termasuk honorarium panitia. (zah/lis/ce1)