JOGJA—Limbah kain berupa perca jins, di tangan mahasiswa FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan, disulap menjadi tas laptop bernilai ekonomi tinggi.
Ya, perca jins rupanya menginspirasi mahasiswa FMIPA UNY untuk berinovasi. Mereka menjadikan perca jins sebagai tas laptop yang cantik. Mereka adalah Ghosa Kurnia Fistika, Ismi Solikhatun, Fajar Mubarok, Erba Firstananda, dan Diah Intan Kusuma.
Penelitian mereka berjudul Jnp Craft: Produk Daur Ulang Softcase Guna Optimalisasi dan Meningkatkan Nilai Ekonomis Limbah Jeans dan Plastik.
Ketua Tim Ghosa mengatakan, perkembangan teknologi laptop semakin mendominasi kehidupan masyarakat Indonesia. Utamanya, bagi kalangan pelajar dan mahasiswa.
Maraknya penggunaan laptop, satu sisi membuat perkembangan aksesoris yang berhubungan dengan laptop ikut berkembang. Seperti tas laptop atau biasa disebut softcase.
Pembuatan softcase JnP Craft tak butuh waktu lama. Caranya sederhana. Bahan perca jins digunakan sebagai lapisan luar. Sedangkan limbah plastik yang berlapis alumunium foil, dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil yang nantinya digunakan sebagai bahan pengisi softcase.
Lapisan dalam softcase juga dilapisi dengan kain furing. Tujuannya, agar ketika digunakan untuk menyimpan laptop, tidak terjadi goresan yang dapat menyebabkan bekas di bagian casing laptop. “Kami bekerjasama dengan pengrajin limbah plastik di daerah Imogiri.” (jpnn/isk)