DEMAK-Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Demak berupaya keras untuk menghilangkan bau busuk di Pasar Bintoro. Dengan menyemprotkan air tangki ke area tempat jual beli atau los ikan di lantai 2 pasar tradisional terbesar tersebut.
Kasi Pasar Disperindagkop, Shokip mengatakan bahwa penyemprotan dan pembersihan saluran yang tersumbat akibat sumur artetis macet tersebut dilakukan agar bau yang menyengat dari los ikan hilang. “Ini tindak lanjut dari audiensi para pedagang Pasar Bintoro beberapa waktu lalu dengan DPRD setempat,” kata Shokip.
Menurutnya, sebenarnya pembersihan kotoran di los ikan itu menjadi tanggung jawab bersama oleh para pedagang ikan. Karena itu, pihaknya berharap para pedagang juga ikut membantu membersihkan los masing-masing.
Dia mengatakan, pada APBD Perubahan 2014 ini, Disperindag telah mengusulkan anggaran untuk membuat sumur artetis yang baru di Pasar Bintoro. Ini di antaranya untuk mengatasi kekurangan air di pasar tersebut.
Sementara itu, penyemprotan los ikan dengan air kemarin sempat menuai protes para pedagang lainnya yang berada di lantai bawah. Sebab, selain tidak mendapatkan pemberitahuan sebelumnya, air yang disemprotkan dari lantai 2 tersebut juga merembes ke lantai bawah. Akibatnya, kotoran sumbatan los ikan ikut dirasakan pedagang di bawah. (hib/ida)