SEMARANG – Babak perebutan gelar Speedy Women’s National Basketball League (WNBL) Indonesia 2013-2014 Championship Series siap digelar di GOR UNY Jogjakarta, mulai hari ini hingga Kamis (12/6) lusa.
Inilah fase puncak bagi empat kontestan terbaik liga basket perempuan di Tanah Air. Empat tim yakni Tomang Sakti Mighty Bees Jakarta, Sahabat Wisma Sehati Semarang, Surabaya Fever dan Sritex Dragons Enduro Solo bakal melakoni playoff dengan format single game elimination.
Dengan format ini, ketegangan akan memuncak. Sebab, kalau sampai kalah, ambisi membawa trofi juara langsung musnah. Tomang Sakti yang finish di posisi teratas musim regular 2013-2014 bakal diuji penantang baru Sritex Dragons (peringkat empat). Sedangkan Sahabat yang di musim reguler 2014 ini berada di posisi kedua, akan meladeni juara Inaugural Season 2012, Surabaya Fever (posisi ketiga). Masing-masing pemenang berhak melaju ke Grand Final. Sedangkan yang kalah berebut tempat ketiga. “Championship Series biasanya akan mendatangkan tensi pertandingan yang berbeda. Meski kita masih unggul head to head dengan Fever, itu tak menjamin kita bakal menang mudah. Anak-anak tak boleh lengah dan wajib main fight lawan Fever besok (hari ini, Red),” kata pelatih Sahabat, Xaverius Wiwid.
Musim ini Sahabat menjadi tim paling improve. Mereka berhasil memperbaiki posisi dengan finis di peringkat kedua musim reguler. Mereka juga mengantongi keunggulan head to head dengan menaklukkan Surabaya Fever pada tiga pertemuan di musim reguler (3-0).
Tak hanya berprestasi secara tim, secara individu pun kemampuan para pemain Sahabat telah jauh diatas rata-rata. Salah satunya ialah Nathasa Debby Christalin, kapten Sahabat yang terpilih sebagai most valuable player (MVP) musim ini. ”Persaingan musim ini sangat menarik. Semua tim bermain kompetitif karena skill individu mereka juga meningkat. Tapi, kami yakin akan lebih siap karena Sahabat sedang dalam kondisi terbaik,” ujar Debby. (bas/smu)