Truk Semen Ludes Terbakar

95

LASEM – Diduga kuat lantaran mengalami korsleting, satu unit truk trailer penuh muatan semen terbakar di pinggir jalur Pantura sebelah barat terminal Lasem, Senin (9/6) sekitar pukul 04.30. Tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah karena seluruh kabin bagian depan hangus terbakar.
Truk bernomor polisi H 1811 BS itu, dikemudikan oleh Gatot Suharto, 60, warga Desa Malangan Kelurahan Tidar Selatan Magelang. Awalnya truk melaju dari arah timur ke barat. Sesampainya keluar Lasem di Desa Dorokandang, tiba-tiba mengepul asap dari dalam kabin.
Diduga terjadi hubungan pendek, sehingga percikan api membesar hingga meludeskan kabin depan truk, sedangkan muatan semen masih utuh.
Salah satu warga sekitar lokasi Eko menyebutkan api menjalar dengan cepat langsung membakar kabin depan, pengemudi langsung turun dari kendaraan untuk mengambil air dari tambak. ”Namun upaya itu percuma karena api langsung membesar,” ujarnya.
Kapolsek Lasem, Iptu Muhammad Syuhada menuturkan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sopir truk buru-buru meminggirkan kendaraan ke bahu jalan, kemudian langsung keluar menyelamatkan diri, sebelum api berkobar.”Tak ada korban, namun hampir seluruh kabin truk ludes terbakar,” ujarnya.
Hingga Senin siang, truk trailer belum bisa dijalankan, karena stang kemudi, ban depan serta gagang persneling ikut ludes dilalap api. Meski tidak mengganggu arus lalu lintas, namun rencananya muatan semen akan dipindah ke armada truk lain. Setelah itu bangkai kendaraan ditarik ke bahu jalan. (ali/jpnn/ric)