SEMARANG – Di tengah persaingan hotel berbintang di Kota Semarang, Accor yang merupakan operator hotel terkemuka di dunia membuka hotel Ibis Budget Semarang Tendean. Selain Kota Semarang, hotel Ibis Budget baru juga dibuka di Makassar dan Jakarta. Hotel Ibis Budget menyediakan 160 kamar dengan fasilitas yang nyaman, desain modern cocoon atau kepompong yang dapat mengakomodasi satu hingga tiga orang per kamar yang memiliki fitur bunk bed.
Presiden Direktur PT Sunindo Indah Hotel selaku owner hotel Ibis Budget Semarang Tendean, Hartono Hosea, mengaku memilih Accor, karena merupakan perusahaan besar dan memiliki jaringan hotel yang luas. Sedangkan pemilihan Kota Semarang lantaran menjadi pusat bisnis dan traveler yang sangat menjanjikan.
”Ibis Budget dipilih karena tingkat huniannya sangat tinggi, dan menjadi market leader, fitur bunk bed pun menjadi salah ciri khas dari hotel ini,” ujarnya  saat grand opening hotel Ibis Budget Semarang Tendean, Senin (9/6) petang.
Director of Operations Economy Hotels Indonesia dan Malaysia, Mr Xavier Capellut mengaku optimistis dengan pasar hotel di Kota Semarang. Bahkan pada soft opening beberapa waktu lalu, tingkat hunian hotel Ibis Budget Semarang Tendean bisa dibilang sangat tinggi. Hotel ini membidik segmentasi keluarga.
”Hotel ini cocok di setiap daerah. Grand opening sengaja dilakukan menjelang Lebaran lantaran untuk memberikan alternatif kepada pengunjung keluarga yang datang ke Kota Semarang,” katanya.
Vice President of Sales Marketing and Distribution Accor Indonesia Adi Satria mengungkapkan, saat Ramadan, pihaknya akan menawarkan program khusus dengan harga yang kompetitif. ”Program Ramadan berupa super saving yang menawarkan paket kamar, akses internet, dan sahur dengan harga mulai Rp 400 ribu hingga Rp 700 ribu per malam dengan fleksibilitas dan kenyamanan berbuka puasa. Tamu akan memperoleh kupon makan yang digunakan sebagai potongan harga saat berbuka puasa,” paparnya.

Chief Operating Officer Accor Indonesia, Malaysia dan Singapura Gerrad Guillouet mengatakan, Accor berkomitmen untuk mengembangkan jaringan hotel Ibis Budget di Indonesia untuk memenuhi permintaan pasar. ”Strategi perkembangan jaringan meliputi lokasi-lokasi yang mudah diakses, termasuk jalan utama, dekat bandara dan pusat kota. Bisa dibilang strategi ini berjalan baik,” katanya.
Ia menambahkan, dengan beroperasinya tiga hotel baru ini, maka hingga kini Accor telah mengoperasikan 6 hotel Ibis Budget di Indonesia. ”Rencananya kami akan membuka sedikitnya 4 hotel lagi sampai tahun 2015,” ujarnya. (den/aro/ce1)