SOLO – Sebuah kantor perusahaan yang terletak di Jalan Kebangkitan Nasional Nomor 77 Penumping, Kecamatan Laweyan, dibobol maling, Minggu (8/6) pagi. Pelaku diduga masuk ke kantor perusahaan bernama PT. Ming Heng tersebut dengan menggunakan alat khusus lantaran kunci regol dan pintu depan rusak.
Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Guntur Saputro mengatakan, korban pemilik kantor Kuo Cheng Yu, seorang warga negara Taiwan. Kantor tersebut dibobol ketika pemilik sedang pergi beribadat ke gereja. “Kejadian diperkirakan terjadi pukul 06.00 sampai 09.00,” tuturnya, Minggu (8/6).
Pelaku diperkirakan masuk dari depan kantor dan merusak kunci regol serta pintu depan. Setelah masuk, mereka lalu menggeledah isi kantor dan menggasak satu unit laptop dan uang Rp 20 juta. Modus yang digunakan para pelaku dengan cara merusak pintu. Mereka diperkirakan sudah mengintai rumah tersebut sebab tahu kondisi rumah dalam keadaan kosong. “Kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP),” terang Kompol Guntur.
Kasus ini menambah daftar kasus pembobolan rumah di wilayah hukum Polresta Solo. Sebelumnya, aksi pembobolan rumah terjadi di Potrojayan Rt 03/Rw 05 Kecamatan Serengan, Solo, Selasa (29/04) pukul 13.30. Pelaku juga diduga menggunakan peralatan berupa gergaji dan linggis untuk masuk membobol pintu. Orang pertama yang mengetahui kejadian tersebut adalah Anastasya Ika ,26, anak pertama pemilik rumah, Ratmini. Saksi saat itu baru pulang dari kampus. Ketika sampai di depan rumah, dirinya curiga dengan posisi gerbang yang terbuka lebar. (yan/mas/jpnn/ric)