Prodi HI Undip Raih Akreditasi B

262

TEMBALANG – Program Studi Hubungan Internasional Universitas Diponegoro (Undip) meraih akreditasi B dari BAN-PT. Berdasar Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) nomor 140/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2014 tertanggal 14 Mei 2014 tentang Nilai dan Peringkat Akreditasi Program Studi pada Program Sarjana, program studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Diponegoro dinyatakan terakreditasi dengan nilai ‘B’. Surat keterangan yang ditandatangani Ketua BAN-PT, Mansyur Ramly, tersebut berlaku selama lima tahun ke depan.
Menanggapi hasil akreditasi tersebut, Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi menyatakan rasa gembiranya. “Akreditasi ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi segenap civitas akademika Undip. Walaupun baru berdiri kurang dari tiga tahun tetapi sudah terakreditasi dengan nilai B,” kata Sudharto.
Lebih lanjut dikatakannya, di saat banyak jurusan ataupun program studi di luar Universitas Diponegoro nilai akreditasinya mengalami penurunan, justru prodi Ilmu Hubungan Internasional Undip menunjukkan kinerjanya yang menggembirakan.
Ketua Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP Undip, Tri Cahyo Utomo, mengakui, prestasi itu bisa diraih karena hasil kerja keras banyak pihak, seperti para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa. Ia berharap ke depan prestasi prodi Ilmu Hubungan Internasional akan lebih bagus.
“Kita akan tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu, pelayanan, sarana dan prasarana bagi mahasiswa agar 5 tahun mendatang mendapatkan akreditasi A. Kami juga berkomitmen untuk menambah jumlah dosen, meningkatkan tingkat pendidikan dosen dengan mendorong untuk melanjutkan di jenjang doktor, meningkatkan fasilitas belajar mengajar seperti menambah jumlah buku-buku literatur dan fasilitas lainnya. kami juga akan terus memperluas networking dengan kedutaan-kedutaan asing, lembaga, organisasi dan juga universitas-universitas di luar negeri,” ujarnya.(mg1/aro)