Maksimalkan Keamanan, Pasar Pasang CCTV

163

KUDUS – Sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kudus akan dipasangi Closed Circuit Television (CCTV). Tujuannya untuk lebih memaksimalkan pengamanan, termasuk untuk mengetahui kebakaran sejak dini sehingga nantinya bisa langsung segera dilakukan tindak lanjut.
Kabid Pengelolaan Pasar pada Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus Bambang Gunadi mengatakan, untuk tahun ini ada empat pasar tradisional yang akan dipasangi CCTV. ”Kami target Juli selesai dikerjakan dan sudah bisa berfungsi,” katanya kemarin.
Wacana pemasangan CCTV tak lepas dari peristiwa kebakaran Pasar Kliwon pada 20 Seprtember 2011 lalu. Untuk itu, pihaknya melakukan antisipasi dengan memasang CCTV. Adapun keempat pasar yang akan dipasangi CCTV yakni Pasar Kliwon dengan nilai anggaran Rp 150 juta, Pasar Piji di Kecamatan Dawe Rp 75 juta, selanjutnya, Pasar Jekulo dianggarkan Rp 75 juta, dan Pasar Bitingan Rp 100 juta. ”Saat ini masih proses perencanaan, setelah perencanaan selesai, maka akan kami tunjuk rekanannya,” terangnya.
Pemasangan CCTV memang tidak bisa memantau semua kondisi pasar karena anggaran yang terbatas. Namun pihaknya akan memasang di lokasi-lokasi yang dianggap strategis, sehingga bisa menggambarkan kondisi pasar. Seperti di lorong dan pintu masuk pasar.
Ditanya apakah pasar lain tahun depan akan dipasang CCTV, pihaknya belum bisa memastikan. Namun idealnya memang harus dilakukan pemasangan CCTV. ”Nanti kita pikirkan sambil jalan akan pasang CCTV atau tidak tahun depan, karena melihat anggaran yang tersedia juga,” ujarnya.
Pemasangan CCTV di pasar tradisional memang baru tahun ini ada ide untuk melakukannya. (lis/aji/jpnn/ric)