Magelang Adipura Kencana

WONOSOBO – Kabupaten Wonosobo kembali berhasil mempertahankan penghargaan Adipura untuk kali kedelapan. Penghargaan itu diterima kemarin (6/6) dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup, di Istana Wakil Presiden RI. Penerimaan penghargaan diwakili Kepala Bappeda Amin Suradi. Dengan demikian, selama 8 tahun terakhir, Wonosobo berhasil meraih status sebagai kota kecil tebersih secara beruntun.
Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida mengatakan, diraihnya penghargaan Adipura untuk kali kedelapan secara berturut-turut, menjadi bukti bahwa Pemkab bersama seluruh masyarakat, serius dan terus berkomitmen untuk membangun lingkungan hidup di Wonosobo.
”Sehingga slogan Wonosobo sebagai Kota ASRI (Aman, Sehat, Rapi dan Indah) benar-benar terwujud di tengah kehidupan masyarakat. Terlebih, saat ini Wonosobo tengah berupaya mewujudkan kota hijau (green city),” katanya.
Selain Wonosobo, Kabupaten Temanggung dan Kota Magelang juga meraih penghargaan serupa. Bahkan, Kota Magelang mendapatkan piala Adipura Kencana.
Untuk Temanggung, penghargaan yang diterima oleh Bupati Bambang Sukarno, untuk kali kelima. Temanggung masuk dalam kategori kota bersih dan nyaman untuk hunian.
Dua kategori besar yang dinilai adalah kebersihan (clean) dan keteduhan lingkungan (green) disabet dengan poin cukup memuaskan. ”Untuk kategori green kita mendapatkannya dari RTH (ruang terbuka hijau) yang bagus, taman-taman yang bersih, ruas jalan dan ayoman yang masih menghijau. Sementara itu, kategori clean kita raih dari penataan bank sampah yang telah berjalan secara baik, kemudian kebersihan jalan raya, serta TPA sampah yang menjadi proyek percontohan yang pantas dibanggakan,” urai Kabid Pengelolaan, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Temanggung, Sururul Huda. (ali/zah/lis/ce1)