Indonesia Konsumsi Susu Terendah

137

TEMBALANG — Indonesia menjadi negara dengan konsumsi susu terendah di Asia Tenggara, yakni hanya 11,9 liter/kapita/tahun. Indonesia kalah dari Malaysia dengan angka konsumsi 47,1; Singapura 44,5; Thailand 33,7; Vietnam 14,3; dan Filipina 13,7 liter/kapita/tahun
”Angka konsumsi susu tertinggi dunia pada 2011 lalu, lebih dari 300 liter/ kapita/tahun. Hal itu, dinikmati oleh masyarakat Finlandia, Swedia, Belanda, dan Swiss,” kata Dekan Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip, V Priyo Bintoro di sela acara Peringatan Hari Lingkungan dan Hari Susu Nusantara dengan acara Car Free Day di Kampus Undip Tembalang, Jumat (6/6).
Dikatakan Priyo, di berbagai negara, susu dibagikan secara gratis kepada murid di sekolah dasar. Karena, anak-anak itulah sejatinya generasi masa depan, yang harus mulai dijaga kualitas hidupnya sejak duduk di bangku sekolah dasar. ”Seharusnya, sebagian besar dana corporate social responsibility (CSR) diarahkan untuk program-program itu,” tandasnya.
Menurut Priyo, konsumsi susu yang rendah akan mengakibatkan kualitas gizi masyarakat juga rendah. Karenanya, modernitas pada segala bidang seharusnya lebih mengutamakan hal-hal yang berdampak pada keterjangkauan konsumsi pangan bergizi, salah satunya susu sebagai penyempurna makanan lain.
”Semua kegiatan yang mudah mendatangkan dana, baik olahraga, pergelaran musik, maupun berbagai ajang lomba, diharapkan menyisihkan sebagian keuntungan untuk program peningkatan gizi masyarakat,” katanya.
Priyo menambahkan, tidak ada satu jenis pangan pun yang bisa menggantikan susu. Untuk itu, organisasi dunia yang mengurusi bidang pertanian dan pangan (FAO), menetapkan Hari Susu se-Dunia setiap tanggal 1 Juni yang kali pertama diperingati pada 2001. Mengingat tujuan dan sasaran yang sangat bermanfaat untuk kemajuan dan kualitas bangsa, pemerintah Indonesia pun menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Susu Nusantara (HSN) dan kali pertama diperingati tahun 2009.
Tahun ini Undip, Unsoed, UNS, UGM, IPB, Unpad, Unand, Unhas, dan Unibraw kembali ditunjuk oleh Kementerian Pertanian menyelenggarakan peringatan Hari Susu Nusantara. (mg1/ida/ce1)