Sejahtera saat Tua, Kelola Uang Tepat

125

SEMARANG — Hidup sejahtera di masa pensiun tanpa ada beban finansial, menjadi dambaan semua orang. Karena itu, dibutuhkan beberapa pengorbanan di masa-masa produktif. Yakni, pengelolaan keuangan dalam kehidupan sehari-hari secara tidak berlebihan dan berinvestasi.
”Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, belilah barang dengan mengutamakan fungsi dan menggunakan skala prioritas. Selain itu, jangan termakan diskon/sale/cuci gudang. Belilah barang sesuai kebutuhan dan buatlah budget setiap kali berbelanja,” kata Manager Funding Bank Bukopin Cabang Semarang, Noviar saat mengisi seminar Solusi Mengatur Keuangan tanpa Masalah di Hotel Horison, kemarin.
Khusus untuk pemanfaatan kartu kredit, sebaiknya gunakan dengan bijak. Sedangkan untuk investasi, bisa pilih reksadana, emas batangan, deposito, saham, tanah/rumah kosong. Prinsipnya, dalam penggunaan penghasilan selama masih produktif, 40 persen untuk membayar angsuran (mungkin rumah, mobil dll), 10-20 persen untuk investasi, dan 40-50 persen bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. ”Kriteria seseorang dikatakan kaya tidak hanya berpenghasilan besar, namun pandai mengelola keuangan sehingga bisa berinvestasi,” ungkapnya.
Untuk produk investasi dari Bank Bukopin sendiri, terbagi menjadi tabungan (tabungan siaga, tabungan rencana siaga, tabungan rencana bukopin, tabungan siaga premium), deposito, reksadana, dan ORI dari pemerintah. ”Total dana tabungan Bank Bukopin Cabang Semarang yang saat ini terkumpul ada sebanyak Rp 500 M,” imbuhnya.
Produk tabungan juga merupakan produk investasi yang memberikan kontribusi terbesar dalam pengumpulan Dana Pihak Ketiga (DPK), tepatnya dengan kontribusi sekitar 60 persen. ”Untuk DPK saat ini kami mencatatkan sebanyak 1,05 (satu koma lima) triliun di wilayah Cabang Semarang,” terangnya.
Jumlah nasabah Bank Bukopin sendiri saat ini tercatat ada sebanyak 25 ribu, hingga akhir tahun ditargetkan bisa bertambah menjadi 35 ribu nasabah. Agar bisa mencapai target tersebut, Bank Bukopin juga menggelar program otomatis berhadiah langsung, nasabah pilih hadiah suka-suka.
”Program telah kami luncurkan bulan Mei lalu, dapat diikuti oleh nasabah dengan saldo dimulai dari setiap kelipatan Rp 5 juta dan Rp 10 juta atau penabung siaga dan siaga premium. Adapun untuk hadiah yang bisa didapatkan nasabah antara lain 6 buah mobil Yaris, 1 buah mobil BMW Z 4, 20 tiket pesiar ke Eropa, home stay di Sidney Australia ditambah 180 deposito @ Rp 10 juta,” jelasnya. Pengundian akan dilakukan 2 kali, periode September 2014 dan Januari 20I5. (eny/ida/ce1)