Lima Kontraktor Dibidik Tersangka

147

SEMARANG — Penyidik Direktorat Reskrimsus Polda Jateng makin intensif menangani kasus dugaan korupsi pembangunan jalan di Kabupaten Wonosobo. Seorang pejabat Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Wonosobo, menjadi saksi kasus tersebut.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng, Kombes Pol Djoko Poerbohadijoyo mengatakan, seorang pejabat tersebut, berperan sebagai PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) atas sembilan proyek perbaikan jalan.
”Statusnya masih sebagai saksi, tapi tidak menutup kemungkinan akan meningkat sebagai tersangka,” katanya. Dalam waktu dekat, penyidik akan kembali menetapkan tersangka. Indikasinya, lima kontraktor yang mengerjakan proyek jalan.
Kelimanya akan menyusul tiga kontraktor lain yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Yakni, Agus Pujiantoro (CV Binakarsa Utama), Musholeh (CV Giat Perkasa Wonosobo), dan Domaeri (CV Mitra usaha Mandiri). Ketiganya telah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

”Untuk tiga kontraktor yang ditetapkan sebagai tersangka sudah menjalani pemeriksaan. Ketiganya kontraktor yang menangani proyek dengan sumber dana dari anggaran bantuan Provinsi Jateng APBD Perubahan 2011,” kata Kepala Subdit Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Jateng, AKBP Agus Setyawan.
AKBP Agus menjelaskan, pihaknya juga sudah melakukan gelar perkara internal. Dalam proyek tersebut, sumber dananya berasal dari APBD perubahan 2011 dan 2012. Lima kontraktor diduga menjadi target berikutnya. Sebab, menggunakan dana anggaran 2012. Total nilai kontrak untuk 9 proyek tersebut, Rp 9.107.953.000.
Sedangkan nilai kerugian negara, menurut audit BPKP pada 11 November 2013, sebesar Rp 1.538.967.272.

”Kami temukan adanya pelanggaran dugaan korupsi, diduga dilakukan oleh 8 kontraktor dan seorang pejabat. Lima kontraktor mungkin akan kami tetapkan sebagai tersangka minggu depan.”

Modus dugaan tindak pidana korupsi tersebut, dengan mengurangi bahan campuran asphalt treated base (ATB) dan hot rolled sheet (HRS), yang diduga tidak sesuai spesifikasi dalam kontrak. (har/jpnn/isk/ce1)