SEMARANG — Pemprov Jateng pada 2014 ini, kembali menerima penghargaan Anugerah Sikompak. Yaitu, anugerah untuk kategori Desa Terbaik dalam Pemeliharaan Aspek Partisipasi dan Inovasi. Yaitu, Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Blora. Penghargaan berupa piala dan piagam.
Anugerah Sikompak merupakan bentuk penghargaan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada para pembina dan pelaku PNPM Mandiri Pedesaan. Penghargaan ini sebuah bentuk apresiasi yang diharapkan akan mampu mendorong daerah lain untuk memacu diri. Juga bekerja lebih keras dalam rangka mewujudkan visi dan misi PNPM-MPd. Setiap tahun, Pemprov Jawa Tengah selalu menerima Anugerah Sikompak.
Kemarin, penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden Boediono saat membuka Rakernas PNPM MPd di Puri Agung Hall, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.
Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Kepala Bapermades Tavip Supriyanto, pada kesempatan yang sama, menerima Anugerah Sikompak. Yaitu, sebagai pembina PNPM Mandiri Pedesaan terbaik Nasional. Yaitu, untuk kategori Desa Pemeliharaan Aspek Partisipasi dan Inovasi.
Desa Sempu adalah salah satu desa miskin dan sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih. Desa itu merupakan salah satu lokasi kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan. Kini, Sempu telah mampu memelihara sarpras yang dibangun melalui PNPM Mandiri Pedesaan. (ric/isk/ce1)