Edukasi Melalui 90 Stan Karya Inovatif

83

SELAIN melaksanakan berbagai lomba tingkat SD hingga SLTA, kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2014 juga menggelar pameran bertema pendidikan.
Pameran bertempat di lingkungan kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Jalan Pemuda Semarang. Menampilkan 90 stan, berlangsung selama dua hari: 2-3 Juni 2014.
Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kartono, mengatakan, pameran diikuti 90 stan. Antara lain, berasal dari Dinas Pendidikan Jateng, Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota se-Jawa Tengah, serta instansi lainnya. Selama dua hari, kegiatan berlangsung sukses dan meriah.
”Sejak kami buka, per hari pengunjung benar-benar membeludak. Baik dari para siswa-siswi di Kota Semarang, maupun masyarakat luas Semarang dan sekitarnya,” tuturnya, kemarin, di sela mengikuti serangkaian kegiatan FLS2N.
Stan-stan tersebut, lanjut Kartono, menampilkan karya-karya inovatif. Utamanya, dari para pelajar dan mahasiswa. Antara lain, Foto Digital Langsung Kirim Email (BP TIKP), karya arsitektur SMK 7 Semarang, hingga robotik dari Udinus. ”Juga dimeriahkan panggung musik yang menampilkan grup band dari para siswa SD, SMP maupun SMA di Kota Semarang.”
Kartono yang juga Ketua Panitia FLS2N 2014 mengatakan, para peserta pameran, secara diam-diam, dinilai oleh tim juri. Penjurian dalam rangka mencari stan pameran terbaik. Baik dari sisi pelayanan pengunjung, kebersihan, kerapian, materi, maupun produk pameran.
Hasilnya, ada 4 stan yang mendapatkan prestasi. Juga mendapatkan apresiasi dari penyelenggara pameran. Juara I, diraih stan dari SMK Negeri 7 Semarang. Hadiahnya uang tunai Rp 3 juta. Juara kedua, diraih stan dari Kota Salatiga, berhak atas uang pembinaan Rp 2 juta. Sedangkan juara ketiga, diraih stan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga, yang berhak mendapatkan dana pembinaan Rp 1,5 juta. ”Sedangkan juara favorit diraih oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, dengan hadiah Rp 1 juta.”
Kartono menambahkan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto saat menutup pameran merasa bangga karena masyarakat dan siswa meramaikan pameran. ”Kepala dinas mengucapkan rasa terima kasih pada penyelenggara yang telah menilai dan memberikan hadiah bagi stan pameran yang berprestasi,” pungkasnya. (fiq/adv/isk/ce1)