200 Liter Bensin Bakar Bengkel dan Rumah

200

MUNGKID — Sebuah rumah dan bengkel milik Sukardi, 55, warga Dusun Sutan, Desa Sumberejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, kemarin, ludes terbakar. Tak ada korban jiwa. Kerugian ditaksir mendekati ratusan juta.
Keterangan yang dihimpun Jawa Pos Radar Kedu, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00. Pagi itu, pemilik rumah, melihat percikan api di atas spedometer bengkel.

Api tiba-tiba membesar, setelah menyambar 200 liter bensin dagangan. Selain itu, rumah tinggal beserta perabot rumah tangga juga ikut terbakar. ”Dua unit sepeda motor Supra X dan Vespa juga hangus terbakar,” kata Waluyo, saksi mata.

Menurut saksi, api sangat cepat menyebar. ”Hanya 10 menit, rumah dan bengkel sudah terbakar. Kami mencoba memadamkan, namun kalah cepat dengan api,” kata Waluyo, yang rumahnya persis di depan rumah korban.
Setelah api padam, satu jam kemudian, warga dibantu belasan anggota TNI dari Koramil Mertoyudan, bekerja bakti membersihkan reruntuhan rumah.
Komandan Rayon MIliter Mertoyudan Kapten Asrory mengatakan, pihaknya berhasil menemukan dua unit motor, mesin cuci, televisi, alat cuci motor, dan lainnya hangus terbakar.

”Bersama warga, kami langsung memperbaiki rumah. Besok (hari ini, Red) kami dibantu 20 personel Kodim akan melanjutkan perbaikan. Kami usahakan bisa selesai mengganti atap agar bisa langsung ditempati,” kata dia.

Ketua RT 1 RW 11 Rumidi mengatakan, semua kebutuhan biaya perbaikan rumah diambilkan dari kas warga. Menurut Rumidi, begitu kebakaran terjadi, warga suka rela menyumbang kayu dan bambu untuk memperbaiki rumah korban.

”Banyak warga bersimpati menyumbang bambu dan kayu. Solidaritas warga juga tinggi dengan kerja bakti. Semoga rumah ini bisa langsung ditempati korban,” kata dia. (vie/lis/ce1)