TEGALSARI — Puluhan siswa SMK dari berbagai provinsi di Indonesia, Rabu (4/6) mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS). Materi yang dipertandingkan adalah seni teater dan karawitan.
Salah seorang siswi SMKN 12 Surabaya, Nindia Nazmei mengatakan ia butuh waktu sekitar sebulan untuk persiapan berlaga di FLS2N. Kelompoknya membawakan kesenian Keboan Lare Osing untuk kategori karawitan. Setiap hari mereka berlatih selama 3 jam. ”Kami dalam memainkan kesenian ini sangat total, sehingga nanti penonton dan juri yang akan menilainya,” katanya.
Guru Pembimbing SMKN 12 Surabaya Muhammad Zaini, mengatakan Keboan Lare Osing merupakan salah satu kesenian adat dari Banyuwangi yang layak untuk dipertunjukkan. Kesenian itu biasanya dimainkan ketika saat warga memanen padi. ”Itu sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya.
Di lomba teater, guru pembimbing SMK Kesehatan Sartika Labuhan Batu Sumatera Utara Noprian merasa puas dengan penampilan anak didiknya. Meski ia mengakui ada pesaing yang tampil baik, salah satunya dari Bali. ”Tetapi kami optimistis penampilan kami dalam FLS2N ini sudah cukup maksimal sehingga bisa mendapatkan juara,” katanya. (hid/ton/ce1)