Kenalkan Produk Lokal

127

DEMAK-Ekonomi Indonesia, utamanya di daerah 56 persen di antaranya diperankan oleh koperasi dan UMKM. Namun, maju tidaknya koperasi dan UMKM ini, tergantung bagaimana pemerintah daerah ikut membantu mendorong perkembangannya.
”Perkembangan koperasi dan UMKM di Jateng sangat pesat. Usaha seperti itu bisa meng-cover semua lini kehidupan masyarakat,” kata Kepala Dinas Koperasi Provinsi Jateng, Ir Sujarwanto di sela membuka Demak Ekspo di gedung KONI, Jalan Sultan Hadiwijaya, Kota Demak, kemarin.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) Demak, Eko Pringgolaksito menambahkan, Demak Ekspo diikuti sebanyak 70 stand. Terdiri dari stand dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), kelompok UMKM binaan serta instansi lainnya. Di antaranya, ada stand konveksi, batik, kerajinan, peralatan sekolah, koperasi, aneka makanan dan minuman serta stand lainnya. “Ekspo ini sekaligus untuk menyongsong penilaian keberpihakan pemerintah dalam memajukan koperasi dan UMKM,” katanya.
Menurut Eko, Demak Ekspo tersebut juga untuk mempromosikan potensi produk unggulan lokal yang murah dan rekreatif. Wakil Bupati Demak, Harwanto mengatakan, koperasi dan UMKM menjadi urat nadi tumbuhnya ekonomi masyarakat menengah ke bawah. Karena itu, usaha tersebut harus lebih berkembang sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat makin meningkat. “Banyak potensi Demak yang bisa dikembangkan, termasuk pembuatan kain batik khas kota wali,” katanya. (hib/ida)