Lelang Jabatan Sekda Jateng

GUBERNURAN — Lelang terbuka jabatan Sekda Jateng definitif diperkirakan akan diikuti sejumlah pejabat internal Pemprov Jateng. Ada yang menyatakan siap mendaftar, namun ada juga yang masih malu-malu. Pendaftaran lelang akan mulai dibuka Rabu (4/6) ini hingga 24 Juni mendatang.
Plt Sekda Jateng Sri Puryono saat diwawancarai mengisyaratkan akan mendaftar promosi terbuka untuk satu-satunya jabatan eselon I di pemprov tersebut. Sri Puryono menyatakan sedang menunggu hari baik.
”Saya nunggu hari baik, nanti lihat dulu. Biar (yang daftar) banyak dulu. Pokoknya yang terbaik buat saya dan buat teman-teman,” ujarnya.
Saat dihubungi semalam, dia mengaku sedang dinas di Jakarta mengikuti rakor persiapan pengamanan pemilu. Sri yang sudah setahun menjabat Plt Sekda tersebut mengaku sudah membaca pengumuman lelang terbuka Sekda definitif dari running text televisi. Syarat-syarat pendaftaran juga sudah dikirim oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng ke emailnya. ”BKD sudah mengirim email syarat-syaratnya. Ya diikuti saja secara normatif. Ini kan era keterbukaan, transparansi, dan akuntabel,” tandasnya.
Pejabat lain di pemprov terkesan masih malu-malu mendaftar. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Jateng Urip Sihabudin saat dihubungi belum mau memberikan komentar. ”Saya no comment saja dulu lah,” ucapnya pendek. Sementara Asisten Pemerintahan Setda Jateng Siswo Laksono saat dihubungi tidak mengangkat ponselnya.
Kepala Dinas Perkebunan Jateng Tegoeh Whynarno Haroeno menyatakan akan melihat dulu syarat-syaratnya. Tegoeh mengaku baru tahu lelang jabatan sekda sudah disosialisasikan. ”Saya akan melihat dulu gambarannya dan belum memutuskan. Perlu gambaran dulu,” imbuhnya.
Menurut dia, jabatan sekda merupakan hak prerogratif gubernur, karenanya dia akan membaca dulu syarat-syaratnya.
Radar Semarang pernah menulis sejumlah nama birokrat di pemprov Jateng dianggap berpeluang mengisi jabatan sekda definitif yang ditinggalkan Hadi Prabowo.
Pengamat politik dan pemerintahan Undip Teguh Yuwono menyebut sejumlah nama yang berpeluang menduduki kursi panas tersebut. Salah satunya Plt Sekda Jateng saat ini Sri Puryono. Lalu ada lagi Kepala Dinas Perkebunan Jateng Tegoeh Whynarno Haroeno, Kepala Inspektorat Wilayah (Itwil) Kunto Nugroho, Sekretaris DPRD Jateng Prijo Anggoro BR, Asisten Pemerintahan Siswo Laksono, dan Asisten Administrasi Eddy Djoko Pramono.
”Beberapa nama tersebut berpeluang karena secara kepangkatan memenuhi syarat, yaitu sudah golongan IV/c. Bahkan ada yang IV/d,” ujarnya. (ric/aro/ce1)