Siswa-Siswa Berkebutuhan Khusus yang Berprestasi (3)

Usia Bernadeta Adernata Dani Larissa masih sangat muda, baru masuk 14 tahun. Namun salah satu siswa SD-LB Dena Upakara Wonosobo ini, sudah menyabet juara lari tingkat Provinsi Jawa Tengah.

SUMALI IBNU CHAMID, Wonosobo

NAMA lengkapnya: Bernadeta Adernata Dani Larissa. Dara yang intim disapa Larissa ini, duduk di bangku kelas 5 SD-LB Dena Upakara. Sekilas, orang menduga ia sudah SMP, karena perawakannya bongsor.
Soal badannya yang bongsor, Larissa mengaku karena suka olahraga lari. Hobi lari, sudah dilakoni sejak duduk di bangku kelas 3 SD-LB.  
Selain berdampak baik bagi pertumbuhan tubuhnya, hobi larinya juga mampu menorehkan prestasi. Pada 2013 silam, Larissa mampu menyabet juara III lari 100 meter tingkat provinsi Jawa Tengah pada ajang Porseni Pelajar Berkebutuhan Khusus.
”Meski baru mampu meraih juara 3, saya sudah bersyukur,” tutur pelajar kelahiran Magelang 8 April 2000 itu.
Larissa mengatakan, prestasi yang diraih, merupakan perjuangan keringatnya. Ketika dipercaya untuk berlaga pada Porseni, ia berlatih ketat. Sebelumnya, Larissa cuma lari sekitar 1 jam. Namun, sejak dipercaya mewakili sekolah, tiap hari ia lari hingga 2 jam.
”Latihan dua jam, saya tidak capek, karena berdampak bagi kesehatan,” kata warga Jalan Pandega I Blok D, Pudak Payung, Semarang itu.
Putri kedua Pasangan Suryo-Yusni ini berkisah, saat hendak menghadapi Porseni, ia sempat galau. Maklum, selama ini, lari hanya jadi hobinya semata.
”Saya sempat tidak percaya diri, karena belum pernah ikut lomba, tapi malah bisa juara,” tuturnya.
Terkait capaian prestasinya, Larissa mengaku belum puas. Ia berjanji akan terus belajar dan berlatih keras.
Dia juga terinspirasi oleh kakak kelasnya, Maria, yang mampu meraih juara lari tingkat nasional.
”Sampai saat ini, saya tiap hari terus berlatih lari. Saya ingin jadi atlet lari nasional.”
Selain menekuni lari, Larissa juga menekuni olahraga lain. Yakni, voli dan bulu tangkis. Di sisi lain, ia juga mengalokasikan waktu untuk membaca. Larissa merasa, dengan menekuni olahraga, maka tubuh menjadi sehat dan mampu memberikan dampak positif.
”Olahraga memberikan nilai sportivitas pada kita, menanamkan rasa jujur dan terobsesi meraih prestasi.”
Kepala SD-SMP LB Dena Upakara, Antonius Heru Setya Utama mengatakan, Larissa salah satu siswi bibit unggul. Setelah mampu mengantarkan Maria yang saat ini duduk di SMP-LB sebagai juara nasional lari 400 meter, ia berharap Larissa akan menjadi bibit berikutnya, sebagai atlet lari kelas pelajar.
”Kami terus melakukan pembinaan terhadap siswa-siswa kami yang berprestasi selain akademik, juga minat bakat siswa seni dan olahraga.” (*/lis/ce1)