Tukar Rokok dengan Jus Buah

91

TUGU MUDA—Pengguna jalan yang melintas di kawasan Tugu Muda Semarang, Sabtu pagi (31/5) kemarin, dikejutkan oleh aksi puluhan mahasiswa dari sejumlah universitas di Kota Semarang yang didukung Jaringan Komunitas Peduli Kawasan Tanpa Rokok (KPKTR). Sebab, mereka yang mengendarai motor maupun pejalan kaki yang merokok langsung dihadang dan diambil rokoknya. Uniknya, rokok yang diambil diganti dengan segelas jus buah. Aksi tersebut dilakukan oleh para mahasiswa untuk memperingati hari tanpa tembakau sedunia.
Saat ”membarter” rokok dengan jus buah tersebut, ada pula beberapa pengendara yang menolak. Selain menukar rokok dengan jus, para mahasiswa juga melakukan aksi teatrikal di tengah jalan saat lampu traffic light menyala merah.
Teatrikal menggambarkan pria yang sedang mengisap sebatang rokok ukuran raksasa, yang asapnya menyebabkan seorang ibu hamil meninggal bersama janin yang di kandungnya. Jenazah ibu hamil yang meninggal di tengah jalan itu kemudian dibawa menggunakan tandu.
”Teatrikal ini untuk menggambarkan kalau asap rokok itu sangat membahayakan bagi orang yang tidak merokok,” kata koordinator aksi Evan Budi Prasetyo kepada Radar Semarang, Sabtu (31/5/).
Selain melakukan aksi teatrikal, para mahasiswa juga membagikan 1.000 stiker yang isinya imbauan kepada para perokok, serta mengingatkan warga tentang Perda No 2 Tahun 2013 tentang kawasan tanpa rokok di Kota Semarang. “Jadi, aksi ini untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang perda yang kemarin dibuat.  Karena banyak warga yang belum tahu soal perda yang mengatur larangan merokok di tempat umum tersebut. Di antaranya, larangan merokok di tempat ibadah, tempat belajar mengajar, tempat kerja, tempat bermain anak, tempat pelayanan kesehatan, tempat umum serta angkutan umum.” (hid/aro)

Tinggalkan Komentar: