Tampilkan 25 Karya Seni

13

WONOSOBO – Ajang pentas seni (pensi) tahunan SMP 1 Wonosobo, akhir pekan lalu, berlangsung meriah. Sedikitnya 200 siswa terlibat dalam ajang itu. Mereka mementaskan sedikitnya 25 karya seni. Mulai sendratari hingga teatrikal. Acara yang digelar di Sasana Adipura, juga bagian dari perpisahan bagi siswa kelas IX yang lulus pada tahun ini.
Sepanjang acara, sedikitnya 200 siswa mementaskan pertunjukan seni yang memesona. Beberapa jenis pertunjukan yang disuguhkan, di antaranya, seni tari dari berbagai daerah, drama, teatrikal, tilawatil quran, kasidah, hingga guyonan anak. Mengiringi pentas tari, para pengrawit atau penabuh gamelan merupakan para siswa.
Kepala SMP 1 Wonosobo Parwanto, mengatakan, pensi merupakan ajang ekspresi siswa di bidang seni. Sebab, dalam ekstrakurikuler SMP 1 Wonosobo, ada beberapa mata pelajaran seni berdasarkan minat para siswa.
”Jadi, pensi ini, sebagai evaluasi atas hasil pelajaran ekstrakurikuler pendidikan seni,” katanya.
Parwanto mengatakan, dengan menguasai seni, para siswa akan lebih bisa mengolah rasa dan logika. Selain itu, akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tradisi Indonesia.
Kepala Bidang Kesiswaan Sutikno menambahkan, pada pensi kali ini, para pementas adalah siswa kelas VII dan VIII. Pertunjukan seni yang diberikan, merupakan hasil dari pendidikan ekstrakurikuler.
Dikatakan, jumlah siswa kelas VII dan VII saat ini sebanyak 525 anak. Dalam pementasan ini, semua anak terlibat. Untuk yang mengikuti pelajaran seni, sebanyak 200 anak mementaskan kreasinya, sedangkan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler terlibat sebagai kepanitiaan. ”Jadi semua siswa terlibat dalam acara ini.”
Kata Sutikno, sedikitnya ada 25 kali pementasan, di antaranya seni baca Alquran, kasidah, aksi gamelan, berbagai seni tari, drama, teater hingga hiburan musik band. (ali/lis/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here