Jelang Ramadan, Warga Ziarah

133

DEMAK-Jelang puasa Ramadan, Makam Al Habib Sayyid Husain yang terletak di kampung terpencil, Dukuh Nggojoyo, Desa Wedung, Kecamatan Wedung menjadi salah satu tempat jujukan ziarah warga Demak. Untuk menuju ke tempat itu, harus melalui jalan setapak yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Sebab, di kanan kiri jalan cor beton itu banyak ditumbuhi rerumputan tinggi. Lokasinya berjarak sekitar 4 kilometer dari Jalan Raya Bonang-Wedung.
Makam waliyullah yang masih terkait dengan silsilah Habib Hasan bin Yahya Semarang ini, setiap Jumat Wage digelar haul oleh warga sekitar. Makamnya berada di tengah areal pertambakan dan tengah pemakaman umum kampung setempat.
Sayyid Husain merupakan salah satu penyebar dan pejuang agama Islam di pesisir Pantura Wedung Demak. Di zaman Kewalian dan Kasultanan Demak Bintoro ketika itu, peran Sayyid Husain sangat besar. Bersama Syech Basir Alqodri, Desa Botorejo, Kecamatan Wonosalam, ia termasuk penasehat bidang agama Sultan Raden Fatah. “Beliau sangat dihormati dan disegani,” terang Kiai Sodikin, kemarin. (hib/ida)

Tinggalkan Komentar: