Hadapi Bencana, Siapkan Relawan

92

DEMAK–Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Demak menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Ini dilakukan untuk menghadapi atau menanggulangi berbagai potensi bencana yang setiap saat terjadi di wilayah Kota Wali. Karena itu, BPBD siap membantu melatih personel atau relawan MDMC agar lebih terampil dalam ikut mengatasi penanganan bencana di daerah, utamanya di Demak.
Ketua MDMC Demak, Sutikno mengatakan, MDMC sebagai organisasi khusus penanggulangan bencana siap terlibat dalam mengurangi dampak risiko yang diakibatkan bencana alam, termasuk dalam upaya meminimalkan korban dan harta benda.
“Setiap saat relawan MDMC siap diterjunkan di lokasi bencana. Beberapa waktu lalu saat banjir melanda Demak, MDMC juga sudah ikut andil terjun langsung menanggulangi bencana tersebut,” terang Sutikno didampingi Azam Lutfianto dari Bidang Rehabilitasi dan Kerjasama MDMC Demak, di sela sarasehan dan reorganisasi yang berlangsung di gedung Darussalam Center, kemarin. Sarasehan menghadirkan Ketua MDMC Jateng Nailul Usman dan Kabid Kesiapsiagaan BPBD Demak, Wahyuntoro.
Sutikno menambahkan, potensi bencana di Demak cukup tinggi, baik saat musim hujan maupun musim kemarau. Musim hujan selalu disertai banjir di beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Mijen, Wedung, Karanganyar, Dempet, Karangawen, Sayung dan lainnya. Pun, ketika kemarau sekarang ini potensi bencana kekeringan juga terus menjadi persoalan karena warga kekurangan air bersih.
Azam Lutfianto mengatakan, saat bencana banjir pada Januari dan April lalu, MDMC menerjunkan seluruh relawan dan pengurus serta peralatan yang dimiliki untuk menolong warga yang terkena dampak banjir. “Relawan sudah kita latih termasuk latihan SAR air tingkat madya,” katanya. (hib/ton)  

Tinggalkan Komentar: